Wisata Toilet di Jepang; Duduk Disemprot Air Hangat

toilet-3Toilet in Japan is the best in the world. Begitu kata turis dari Australia yang sempat saaya ajak ngobrol di kereta super cepat Jepang Shinkansen dalam perjalanan dari Osaka ke Yokohama. Cewek bule yang wajahnya mirip Britney Spears itu bahkan ke Jepang salah satunya memang mau membuktikan kehebatan toilet di Jepang.

Lha kok segitunya. Tapi ya selain tentu saja menikmati makanan dan budayanya. Tapi pernyataan mbak-mbak kece itu tidak salah. Sebab kalau dia benar berkata begitu, saya juga merasakan sendiri kalau toilet Jepang memang demikian, modern pokoknya. Dan nikmat tenan. Seperti juga dia, saya akhirnya ikutan membuktikannya.

Salah satunya saat saya sempat menginap di rumah yang disewakan yang saya booking di Air BnB. Juga saat saya menginap di beberapa hotel di Osaka, Nagoya, Tokyo dan Kyoto. Dari hasil riset kecil-kecilan saya itu, semua kondisi toiletnya sama; hangat diduduki dan dilengkapi tombol-tombol yang hanya perlu sentuhan jari untuk mengoperasikan.

Kalau bule pakai tissue dan kita pakai gayung atau jet shower setelah buang hajat, di Jepang kita tinggal tekan saja tombol yang diperlukan. Langsung deh menyemprotlah air hangat untuk membilas bagian tubuh kita.

Mau tahu lebih banyak tentang toilet ala Jepang selain tombol-tombolnya yang canggih, yuk kita lihat foto-fotonya. Eh, bayangkan saja dulu nikmatnya sambil merancang perjalanan ke Jepang ya. (naskah dan foto: Hengki Setiawan/Heti Palestina Yunani) toilet-5

 

toilet-6
toilet-1toilet-2