Wisata Murah di Surakarta

surakarta pasar triwindu 1Niat saya sih mau pergi ke Yogyakarta. Tapi karena pergi sendirian, saya berpikir tidak ada salahnya untuk mampir dulu ke Kota Solo. Meski tak jauh berbeda dengan suasana dan nuansa dengan Yogyakarta, namun Solo memiliki keunikan yang mungkin belum Anda ketahui. Salah satunya sih ya soal murahnya itu lho.

Mulai dari mana?

Yang dari Surabaya bisa naik kereta dari Stasiun Gubeng ke Stasiun Purwosari Solo. Untuk kelas ekonomi, tarifnya sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 110 ribu per orang. Setelah itu, naik Batik Solo Trans dari Purwasari di koridor dua. Setelah sampai daerah Palur, pilihlah koridor tiga jurusan Klewer.Saat ini, Klewer dan Keraton Surakarta, berada di satu kompleks, sehingga Anda bisa mendapat dua keuntungan sekaligus, yaitu wisata budaya dan belanja. Kalau saya? Ini nih yang saya tuju:

  1. Keraton Surakarta

surakarta keratonKeraton Surakarta adalah icon sejarah yang luar biasa. Sesampainya di Solo, tempat inilah yang pertama saya kunjungi. Ketika masuk pelataran istana, Anda akan diminta melepas sandal atau selop sebagai tanda penghormatan. Ada juga teras istana yang digunakan sebagai tempat tarian sakral Bedhaya Ketawang setiap setahun sekali. Anda juga akan menemukan papan himbauan untuk tidak mengambil pasir istana di salah satu pohon. Hal tersebut bermula ketika muncul kepercayaan bahwa pasir keraton bisa menyembuhkan rematik. Wah… Pilih alternatif penyembuhan sih boleh. Tapi, tidak harus merusak kelestarian keraton, kan?

  1. Pasar Klewer

pasar ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berbelanja perlengkapan kostum adat Jawa maupun kain batik. Luangkan waktu lebih banyak untuk berkeliling dan melihat-lihat barang mana yang anda mau sebelum membeli. Oh iya, jangan lupa beli es dawet dan baju salur khas Solo ya?

  1. Pasar Triwindu

surakarta pasar triwindu 2Mencari benda langka, tak harus selalu ke museum. Dari Pasar Klewer, Anda bisa naik becak ke Pasar Triwindu untuk membeli barang-barang kuno. Saya temukan ada uang zaman dahulu hingga lonceng yang saya pegang di foto itu. Anda juga harus pintar-pintar bernegosiasi soal harga. Namun, jika hanya ingin foto-foto dan melihatpun, tak masalah. Jika habis lelah belanja, coba deh nikmati es krim durian asli di depan pasar ini dengan hanya Rp 5 ribu saja.surakarta pasar triwindu 3

  1. Taman Sri Wedari

Bagi yang ingin menghabiskan malam yang tak biasa, Anda dapat menonton pertunjukkan wayang orang di taman inii. Untuk tiket biasa, per orang hanya Rp 5 ribu saja. Sedangkan VVIP yang berada di barisan paling depan, dikenakan Rp 10 ribu, dan VIP  Rp 7.500. Semua kelas murah saya rasa ya?

  1. Pendopo Taman Budaya Surakarta

Capek berkeliling Solo, Anda bisa mencoba menginap di Pendopo Taman Budaya Surakarta. Pendopo ini juga menyediakan puluhan kamar yang sangat cocok bagi backpacker atau traveller berkantong tipis. Satu kamar berisi enam ranjang ukuran single dan satu AC serta satu kamar mandi.  Bisa jadi penawaran menarik untuk Anda yang ingin join kamar dengan sesama rekan. (naskah dan foto: Aisyah Mar’atush Sholihah/editor: Heti Palestina Yunani)