Pilihan Kuliner di Jalur Mudik 7 Kota (2)

Di tengah perjalanan yang melelahkan itu, pas jam makan tiba atau sewaktu-waktu Anda lapar sambil beristirahat, berhentilah di tempat-tempat pengisi perut yang nikmat. Mudik ke arah Jember, Madiun, Blitar, Trenggalek/Tulungagung, Kediri, dan Malang, dijamin makin renyah dan mak nyus saja.

Menuju Trenggalek dan Tulungagung
Berhenti saja di Tulungagung. Tujulah kota untuk mencari sego lodho, ayam goreng Bang Ajat, dan sate kambing depan stasiun hingga kopi cethe.  Trenggalek tak kalah memikat. Pastikan mampir di rumah makan Ayam Lodho Pak Yusuf. Tepatnya di Kecamatan Pogalan, jalan raya yang menghubungkan Trenggalek dan Tulungangung. Ayam lodho dibuat dari ayam kampung muda yang direbus, kemudian dibakar. Setelah dibakar, ayam dikukus dan terkahir diungkeb dengan bumbu dan santan. Sementara kuahnya dibuat dari santan kanil dan sisa minyak ayam yang menetes saat dibakar, dan diberi cabai rawit utuh. Masakan khas ini disajikan dengan nasi uduk dan urap. Soal harga cukup terjangkau. Satu ekor ayam lodho dihargai Rp 40.000 yang bisa dimakan untuk empat orang.

Menuju Kediri
Di Kediri ada nasi tumpang atau nasi pecel pincuk Kediri yang tak tertandingi. Kalau sampai sana malam hari, tuju saja di Jl Dhoho. Di sana berjejer penjual pecel lesehan perko alias emper toko. Ada warung milik Bu Supiah yang mangkal di depan Toko Mas Mulia. Kekhasan pecel Kediri selain alasnya menggunakan daun, sayuran pecelnya menggunakan bunga turi rebus, kemangi mentah, dan biji lamtoro. Satu lagi, yang menambah nikmat adalah rempeyek. Bagi mereka yang ingin mencoba sambel tumpang atau sambel tempe setengah busuk (semangit) yang dimasak dengan santan dan bumbu. Jika dirasa kurang lauk, pembeli bisa memilih lauk lain yang tersedia mulai dari tempe goreng, bacem paru, babat, rempelo ati ayam sampai ayam bumbu rujak dan aneka lauk lainnya. Soal harga, untuk nasi pecel, tahu dan peyek hanya dihargai Rp 5000 per porsi. Untuk teman makan pecel, tak jauh dari warung Bu Supiah, tersedia penjual wedang ronde. Harganya, hanya Rp 3500 per mangkuk.

Menuju Malang
Malang, paling top dengan baksonya. Ada banyak pilihan yang justru bikin bingung mau nge-bakso di mana lantaran semuanya bercita rasa top sesuai khasnya. Ada Bakso President yang sangat ternama nama sekaligus kelezatannya. Kalau mau makan bakso ini, tujulah Jl Sunandar Priyo Sudarmo No 55, Malang. Lalu Bakso Kota Cak Man yang tersebar di 11 outlet. Yang belakangan sedang digandrungi adalah Bakso Damas. Penyajian Bakso Damas ini menyenangkan karena yang mau makan bisa memilih sendiri jenis bakso mana yang akan disantap. Ada sekitar 25 macam isian bakso yang dijamin membuat bingung karena semuanya tampil menggoda. Selain bakso, rawon Malang  juga cukup nikmat. Kalau bakso, Rawon Rumah Makan Anda, yang terletak di Kepanjen. Selain bumbunya kental, potongan dagingnya pun lebih besar dibanding potongan daging rawon biasanya. Rasanya, cukup nikmat. Ada sate jaran di Blimbing. Warungnya di depan Warung Cak Pi’i yang terkenal itu. (hpy/hpy)