Inovasi Baru Visma Gallery dalam Koleksi Karya Seni

art2

Sejak resmi dibuka beberapa bulan lalu, Visma Gallery Surabaya pertama kalinya membuat terobosan baru dalam dunia investasi seni rupa. Mengusung 19 karya perupa Untung Wahono, finalist UOB painting of the year, kali ini Visma Gallery menawarkan cara-cara baru dalam dunia seni. Misalnya, cara pembelian lukisan yang di pamerkan dari tanggal 10-24 Juni 2016 ini, bisa dicicil enam bulan dengan bunga nol persen. Yang unik lainnya, jika dalam setahun pembeli merasa bosan dengan karya yang telah dikoleksi, lukisan itu boleh dikembalikan dengan profit 10% dari harga beli, atau ditukar dengan lukisan lain.

Menurut Irawan, komisaris Visma Gallery, cara-cara tersebut ditempuh agar Surabaya memiliki atmosfer seni dan budaya lebih kental dari sebelumnya. Minimnya collector benda senirupa di kota terbesar kedua setelah Jakarta ini, membuat Irawan Hadikusumo dan Teja Putra Lesmana mencari terobosan-terobosan baru tersebut. Diharapkan cara-cara tersebut dapat meningkatkan animo penikmat senirupa, dan menambah jumlah collectornya.

art3Gallery yang berlokasi di Tegalsari 25-37 Surabaya ini memajang karya Untung Wahono yang rata-rata berharga Rp 15 sampai dengan 25 juta. Sebuah harga terjangkau untuk ukuran karya seni taraf nasional. Seperti kita tahu, Untung Wahono adalah pelukis nasional yang terkenal dengan goresannya yang dekoratif, kaya warna, dan selalu menampilkan obyek budaya, manusia, alam semesta. Menikmati karya-karya Untung Wahono, perupa kelahiran Jogjakarta 1962, serasa bertamasya menikmati kekayaan warna alam semesta. Tema budaya lokal dan intimasi keluarga membuat penikmat merasakan kehangatan sehari-hari dari keanekaragaman Nusantara. (naskah dan foto: wb/wb)