Terpesona Gradasi Warna Hijau-Biru Pantai Mawun

Selain Gili Trawangan dan Pantai Senggigi, Lombok banyak menyimpan keindahan pantai yang begitu memesona. Salah satunya adalah Pantai Mawun. Keindahan pantai ini tidak dapat dipungkiri lagi. Selain hamparan pasir putih nan halus bak tepung yang menghiasi sepanjang bibir pantai, terdapat pula perbukitan yang membentuk tapal kuda.

Tidak seperti pantai-pantai di Lombok, pantai ini masih sangat terjaga kebersihannya. Hampir tidak ada sampah di bibir pantainya. Pantai yang berlokasi di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini selain pasir putihnya yang memesona, gradasi warna hijau-biru lautnya menyuguhkan keindahan tersendiri.

mawun3Ombaknya yang tenang menambah kesan eksotis. Anda bisa menghabiskan waktu di sana dengan berenang atau bahkan hanya sekadar duduk-duduk di tepian pantai sambil membaca buku dan bersenda gurau bersama keluarga.

Tidak hanya itu, Anda bisa trekking ke bukit yang mengapit Pantai Mawun. Dari ketinggian itu, kita bisa melihat garis pantai yang berkelok. Lokasi ini juga cocok untuk mengabadikan sunset yang indah di pantai yang masih perawan ini.

Memang bagi sebagian orang, Pantai Mawun mungkin bukan menjadi bagian dari daftar pilihan wisata. Selain kurang terdengar namanya, akses menuju titik ini memang agak sulit. Walaupun jalan menuju pantai sudah beraspal namun kondisinya lumayan buruk.

Pantai Mawun hanya berjarak sekitar 30 km dari Pantai Kuta sehingga hanya diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi. Tetapi karena kondisi jalanan yang berbukit, Anda mungkin akan menempuh waktu yang lebih lama. Pantas jika pantai ini dijuluki surga kecil di Lombok Tengah.

Cukup dengan Rp 5.000 Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai Mawun. Sayang di pantai yang indah itu penginapan maupun prasarana lainnya sangatlah jarang. Jika berminat menginap Anda bisa menginap di rumah-rumah warga sekitar lokasi Pantai Mawun.

Jika Anda dari Mataram, Pantai Mawun ini berjarak kurang-lebih 65 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Sebaiknya, Anda tidak memilih kendaraan umum, karena sangat jarang ada MPU yang melewati rute ini.

Anda bisa menyewa rental mobil maupun motor di kota Mataram dengan kisar harga untuk mobil Rp 250 ribu dan motor Rp 50 ribuper harinya. Rute terbaik untuk mencapai Mawun adalah melalui Mataram-Kediri-Praya-Penunjak-Selong Belanak-Mawun. Rute ini memang bukan satu-satunya tapi merupakan jalur yang paling efektif yang bisa dipilih dan lebih hemat waktu. (naskah dan foto: PAD/editor: Heti Palestina Yunani)