Ternganga Versailles; 700 Kamar 6123 Lukisan

paris-mj-versaille-4Tak Habis Romantis di Paris (2)

Chateu de Versailles atau dikenal dengan Istana Versailles terletak sangat jauh dari pusat Paris, tepatnya di pinggiran kota di bagian Barat Daya Paris. Istana dengan luas area sekitar 100 hektar ini merupakan istana peninggalan Raja Louis XIV.paris-mj-versaille-3

Tampak ketika pertama kali memasuki istana, patung Louis XIV sedang berkuda terlihat gagah. Bangunannya kokoh dibatasi dengan pagar berwarna keemasan. Begitu megahnya istana ini, Istana Versailles ini disebut sebagai warisan dunia. Saya ternganga sejak melihatnya dari jauh.

paris-mj-queen-bedchamber2
Queens Bed Chamber

Di dalamnya ada ratusan ruang untuk melakukan aktivitas di dalam istana. Konon istana ini memerlukan waktu empat puluh tahun untuk membangunannya. Sama seperti istana pada umumnya, Chateu de Versailles memiliki lebih dari 700 kamar atau 2000 ruangan, di antaranya dinner room, council study, queens and kings bedchamber, hingga guards room.

Bedanya yang ini didesain dengan lukisan pada dinding yang memenuhi seluruh ruangan. Dengan 6123 lukisan, maka masuk ke dalam Versailles terasa seperti masuk kedalam galeri painting. Masing-masing ruangan terdapat lukisan yang menceritakan sejarah di baliknya. Buat saya yang menyukai lukisan, ini romantis berat.

pari-mj-kings
Kings Bed Chamber

Bayangkan, ruangan didominasi bahan marble dan tirai-tirai dengan perpaduan warna merah atau keemasan, lengkap dengan patung dari masing-masing penghuni ruangan tersebut, seperti Ratu Marie Antoinette yang terkenal menyukai kemewahan.

Ruangan paling megah, Hall of Mirrors, disebut sebagai karya desain terbaik dari arsitek pada masa tersebut. Ruang itu berupa lorong panjang dihiasi dengan lampu kristal mewah dan cantik. Di sepanjang lorong dan pada dindingnya terdapat ornamen sangat megah berwarna emas.

Rupanya ruang ini adalah ruang yang dipakai sebagai pesta. Yang menarik lagi adalah ruang Hercules. Berbeda dengan kamar lainnya yang sangat megah, Hercules room hanya berupa ruang kosong dengan sedikit furnitur dan tidak terlalu banyak ornamen. Tapi ada lukisan di bagian atapnya. Romantis habis.

paris-mj-apollo-room
Apollo Room

Diceritakan, Hercules room adalah ruangan tempat para penjaga untuk menjaga ratu dan keluarganya. Tak kalah unik adalah Apollo room atau ruang tahta yang digunakan untuk menerima tamu terhormat. Ruangan tersebut didominasi warna merah dan dihiasi dengan beberapa lilin di sekitar ruangan.

Keindahan tidak hanya diwujudkan di dalam istana. Di luar kita bisa menjelajah Taman Versailles, yang merupakan salah satu taman terindah di dunia. Area taman yang sangat luas tersebut ditumbuhi dengan berbagai macam jenis bunga warna-warni, rumput, pepohonan yang didesain dengan pola geometrik sangat rapi.

paris-mj-versaille-4Tepat garis lurus sejajar dengan istana, ada patung penjaga, yaitu tempat penjaga mengawasi istana dari kejauhan. Mereka biasanya menggunakan teropong agar selalu siap siaga bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Tapi kalau memergoki Anda berciuman kecil rasanya mereka membolehkannya. Aih romantisnya.  (naskah dan foto/Martiyana Julaika/Heti Palestina Yunani/bersambung)