Taman Gantung yang Selfieable dan Wefieable

Warna-Warni Kampung Wisata di Tepi Kapuas (2)

2-berfoto dengan latar belakang muralUntuk lebih jauh menikmati Kampung Wisata Kuantan di tepi Sungai Kapuas, saya menyusuri jalanan setapak sepanjang kurang lebih 100 meter. Jalan kecil selebar 2 meter ini dilukis dengan berbagai macam model. Tampak ada yang digambar dengan ikan, kotak-kotak berwarna-warni, kuntum bunga, motif  abstrak sampai permainan engklek. Semua itu membaut jalanan setapak itu jadi penuh warna dan menyenangkan mata. Jalan semen setapak itu dihias dengan elok menggunakan tiang yang dipasangi lampu bermacam warna dengan tungkup yang didesain seperti lampion bermacam rupa.

Deretan lampu seri berbagai ukuran juga dipasang di sepanjang jalan. Semua pasti menyala cantik jika malam hari. Dalam benak saya berjanji untuk mencoba menikmati tempat ini di malam hari. Selain jalan, beberapa rumah di pinggiran kapuas ini juga sengaja diberi cat warna warni yang mencolok dan menggugah mata. Warna yang diberikan didominasi warna cerah seperti merah, kuning, oranye, ungu hingga kuning terang. Sungguh tempat ini benar-benar selfieable dan wefieable sekali!

Sembari melangkah, mata saya awas melihat ke kiri dan ke kanan.  Fokus saya mengintip ke sela-sela gang sempit, siapa tahu ada sesuatu yang unik untuk difoto. Ternyata benar, beberapa tembok rumah dan pagar semen yang dilukis mural dengan gambar-gambar bertema cinta lingkungan. Tidak lupa beberapa pesan untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah juga ditulis dibeberapa titik. Siapapun pasti tergoda untuk menggunakan mural ini sebagai latar belakang foto.

Terlihat beberapa wanita juga asyik berfoto dengan berbagai gaya dan sudut. “Sudah berapa kali datang ke sini?,” tanya saya kepada wanita yang berfoto di mural tadi. “Baru pertama kali Bang, suke kamek liat warna-warni ginik ni,” ujar wanita yang bernama Dyah. Dari sana ia melanjutkan bersantai di cafe yang juga masih berada di kompleks. Saya  berpamitan pada Dyah untuk  melihat sudut lain yang tak kalah menarik.

2-Taman gantung warna warni dengan berbagai macam bunga2-Foto Mural 3D di salah satu cafeSembari berjalan, sepasang kekasih sedang sibuk difoto seorang fotografer di sebuah taman di samping gang sempit. Pojokan yang agak besar ini ternyata disulap menarik menjadi sebuah taman gantung. Padahal taman itu hanya dibuat sederhana menggunakan botol plastik yang diberi warna-warni dan digantung di palang-palang kayu yang juga dicat warna-warni. Beberapa jenis kaktus, tanaman sukulen, puring, bayam hias hingga beberapa bunga berkuntum kecil digantung di dalam beragam botol berwarna mencolok.

Dengan penataan yang demikian, Kampung Wisata Kuantan ini layak menjadi destinasi baru tepian Kapuas. Wisatawan yang bertandang ke Pontianak wajib menikmati warna-warni dan keramahan masyarakat yang siap menerima kedatangan wisatawan.  Walaupun belum sepenuhnya selesai dikerjakan, saya bisa merasakan kebahagiaan di 100 meter langkah saya. Dari mereka yang datang, tampak jika masyarakat kita butuh tempat untuk mendapatkan kesenangan yang bertemakan alam lengkap dengan interaksi sosialnya tanpa melupakan kreativitas. (naskah dan foto: Donny Prayudi/editor: Heti Palestina Yunani)