Stay Safe dengan Baju Tak Terbuka

Tak Mati Gaya Saat Cewek Jadi Single Traveler (2)

Untuk single traveler, Tegalalang sangat menarik untuk dinikmatis sendirian. Sepanjang Tegalalang ada banyak home industry yang menjual berbagai kerajinan tangan, hiasan dari berbagai material kayu, besi dan lain-lain.tegallalang 1

Begitu  memasuki kawasan sawah terasiring, setiap orang dikenakan biaya @ Rp 5 ribu. Cobalah untuk makan siang di café-café yang ada sambil menikmati hijaunya sawah bertingkat yang ada di depan mata.

bali pulina 1Pulang dari melihat sawah, pilihan selanjutnya adalah coffee testing di Bali Pulina. Agro wisata ini cukup terkenal karena konsep wisata alamnya. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan kopi luwak secara tradisional, dikenalkan dengan berbagai jenis tanaman yang kadang kita hanya melihat wujud jadinya.

Misal tanaman cokelat, vanilla, ginseng dan kopi tentu saja. Bahkan kita bisa melihat luwak yang sengaja dipelihara dan diberi makan kopi untuk kemudian kotoran yang dikeluarkan dikumpulkan dan diolah menjadi kopi luwak .

Saat coffee testing, kita akan disuguhkan beberapa rasa kopi dalam cangkir kecil kecil. Gratis. Cuma kalau ingin mencoba kopi luwak, 1 cangkir di hargai Rp 50 ribu. Jangan lupa, pasangkan dengan  pisang goreng dengan sirup gula kelapa  saat minum kopi.

lakaleke 2Lakaleke 1Di Ubud, soal makanan tidak perlu khawatir. Menu vegetarian pun ada. Kalau saya , Café Batan Waru selalu menjadi favorit. Dengan nasi campur dan lemon grass tea-nya. Ingin mencicipi bebek goreng di tepi sawah?

Hari berikutnya saya makan siang di Laka-Leke Restaurant yang menyajikan crispy duck. Nama restoran ini berarti hidden away. Berlokasi di Desa Nyuh Kuning, rasa makanan yang disajikan pun cukup memanjakan lidah. Tidak suka bebek namun ingin menikmati suasana? Ada menu lain yang bisa dipesan.antonio 1

Jika suka dengan hal-hal yang berbau seni, jangan lupa mampir ke Museum Renaissance Antonio Blanco. Buat saya yang awam akan masalah seni, kunjungan ke museum ini lumayan sebagai kegiatan untuk menambah pengetahuan. Hal yang paling noticeable, burung-burung yang ada di halaman museum: cantik-cantik!

antonio 5Oya kalau mau belanja di Ubud, pasar seninya lumayan seru. Tentu saja harganya berbeda dengan Pasar Seni Sukawati. Saya justru ke pasar seni untuk foto-foto di dalamnya. Nah, sudah dapat gambaran kan kalau single travelling itu juga bisa fun dan seru? Yang perlu diingat, stay safe.

Jangan pakai baju yang terlalu terbuka dan perhiasan yang terlalu mencolok mata. Dan hindari daerah-daerah yang sepi. Juga satu hal yang tampaknya sepele: jangan malu untuk bertanya walaupun kita sudah ada peta atau aplikasi canggih peta di HP. Gimana, berani mencoba jalan-jalan sendiri? Yuk..! (naskah dan foto: Juli Kristina/editor: Heti Palestina Yunani)