Shop Smarter di Paris Artinya Mahal vs Murah

Tak Habis Romantis di Paris (3)

Semua barang di Paris umumnya dikatagorikan mahal. Karena itu kita harus cermat menentukan apa yang mau kita beli dan lokasi mana yang cocok agar ketemu rezeki bisa belanja murah atau makan dengan harga tak mencekik. Ini saran saya untuk Anda agar tak hilang romantis di Paris gara-gara belanja kemahalan;

Galleries La Fayyate
paris-mj-galeries-lafayetteWisatawan yang cocok ke tempat belanja ini adalah yang suka belanja tanpa mempermasalahkan harga. Mal kebanggaan Paris ini memang surga bagi para pecinta fashion karena disini hadir bermacam-macam merk kelas atas seperti Louis Vuitton, Valentino, Channel, Prada dan banyak lagi.

Faktanya, ketika membeli salah satu tas bermerk, kamu harus rela antre minimal 2 jam lebih dulu untuk masuk ke butik tersebut. Tidak cukup begitu, ketika sudah masuk ke dalam butik, kamu harus rela melewati 4 tahap.

Yang pertama adalah pengecekan (apakah barang yang kamu beli tersedia atau tidak), yang kedua adalah preview barang, kemudian dilanjutkan dengan pembayaran, yang terakhir adalah loket pengambilan barang.
Artinya kamu perlu menyediakan waktu yang cukup dan kaki yang kuat untuk mengantre di sana. Saat selesai berbelanja, jangan lupa untuk meminta tax refund. Pilihannya ada dua. Jika tax refund dalam bentuk cash akan dikembalikan 10,8% dari harga. Jika meminta tax refund dalam bentuk kredit atau transfer bisa kembali hingga 12%, tapi prosesnya butuh waktu dua bulan.

Sacre Coeur Market
paris-mj-ladureeDi Montmarte, dekat dengan Sacre Coeur, terdapat toko-toko kecil di pinggir jalan yang menjual souvenir untuk oleh-oleh dalam harga murah. Jika membutuhkan beli barang non-branded, lebih baik tempat ini jadi tujuan utama.

Jika di tempat lain harga satu gantungan kunci mencapai Euro 2 atau Setara Rp 28 ribu, di Sacre Cour kamu bisa mendapat 12 gantungan kunci hanya dengan mengeluarkan Euro 5. Ini berarti satu gantungan kunci hanya sekitar Rp 5.800. Cukup lumayan kan bedanya?

Selain gantungan kunci berbentuk Eiffel Tower, yang menjadi favorit di sini adalah berbelanja scarf. Jika di tempat yang lain dijual dengan harga Euro 6 atau Rp 84 ribu, di Sacre Cour hanya Euro 1,5 atau Rp 21 ribu saja kita sudah bisa membawa pulang scarf cantik dengan bahan yang bagus pula.

Laduree
paris-mj-ladureeDi Paris wajib mencoba macaroons dengan merek Laduree. Banyak sekali bisa ditemukan di Gallery La Fayyete. Harganya untuk satu butir macaroons kecil bisa sampai Euro 3 atau Rp 45 ribu. Memang cukup mahal, tapi cobalah membeli untuk mencicipinya, karena cita rasa Laduree berbeda dengan macaroons yang dijual pada umumnya, lebih lembut dan manis, kelezatan khas Prancis sangat terasa.

Paul Bakery
paris-mj-paulMeskipun bakeri ini sudah buka cabang di salah satu mal di Jakarta, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba kelezatan bakeri ini langsung di negara asalnya. Paul Bakery terletak di jajaran pertokoan di Champ Elysees. Cafenya bernuansa hitam-putih yang sangat cozy.

Biasanya ketika membeli tidak untuk makan di tempat, tapi hanya membeli untuk camilan sambil berkeliling. Paul menyediakan aneka pastri yang sangat enak. Butter Croisant dan Croque Monsieur menjadi pilihan menu wajib untuk dicoba.

Kalau persoalan belanja dan makan sudah tahu. Ada satu hal lagi yang disarankan untuk para calon pelancong di Paris. Ini nih tentang aplikasi wajib yang kudu diinstall;

Uber
Sejenis pemesanan taksi namun bisa sharing dengan penumpang lain. Kelebihannya tentu saja bisa lebih murah, mereka akan mendeteksi penumpang yang searah dengan tujuan kita, sehingga pembayarannya bisa sharing. Kalau taksi biasa bisa Euro 40, dengan Uber kita bisa membagi empat biaya tersebut jadi hanya Euro 10.

paris-mj-uberPelayanan Uber sangat baik dan cepat, setelah memesan, dua menit kemudian taksi Uber sudah sampai, kamu bahkan tahu dan bisa memantau bahwa mobilnya sedang bergerak ke arahmu. Selain itu taksinya dengan mobil mewah dan driver-nya sangat rapi dan berkelas.

Paris Metro
Download jalur metro terlebih dulu di handphone akan sangat berguna. Karena begitu sampai, mungkin saja kita tidak langsung menemukan peta metro. Selain itu, titik arah di aplikasi ini lebih jelas daripada yang ada di peta sehingga kita bisa lebih tahu di titik mana kita harus berhenti ataupun oper metro.paris-mj-metro

French Language
Aplikasi ini hampir sama seperti google translate, tapi dia lebih dikatagorikan berdasarkan greeting, number, question, place dan sebagainya. Selain itu juga bisa mengeluarkan audio. Beberapa penduduk Paris tidak bisa berbahasa Inggris, sekalipun bisa seringkali pronounciation-nya berbeda. Dengan menginstal ini kita bisa lebih mudah berkomunikasi dengan mereka. Barangkali, kefasihan anda berbicara dalam bahasa Prancis membuat cowok di sana terpesona Anda, romantis bukan? (naskah dan foto: Martiyana Julaika/Heti Palestina Yunani/habis)