Setahun Makan Gudeg Mercon Kaleng Bu Lies

gudeg-mercon-3 Semua pasti tahu kuliner khas dari Yogyakarta yang satu ini, gudeg. Satu ikon dari Kota Istimewa ini memang masih menjadi daya tarik utama kuliner bagi turis lokal dan mancanegara. Dulu, gudeg yang dibawa menjadi buah tangan, cukup repot untuk dijaga ketahanannya. Sebab rata-rata gudeg biasa hanya bertahan cuma selama 2-3 hari. Itu pun harus disimpan dengan cara mengemasnya dalam besek atau biasa disebut gudeg kering.

Nah, sekarang sudah umum gudeg bisa bertahan lama lho, bahkan hingga setahun. Sebab kemasannya berbeda yaitu dengan menyimpannya dalam kaleng. Dari sekian gudeg kaleng yang sudah dikenal para penyuka kuliner Jogja itu adalah Gudeg Mercon Bu Lies. Selain dikemas kaleng, gudeng merek Bu Lies ini disukai para penikmat gudeg yang super pedas.

gudeg-mercon-2 Sesuai keterangan di kalengnya, Gudeg Wijilan, Gudeg Mercon Bu Lies diproduksi atau bisa didapatkan dari tempat pembuatannya langsung di Jl Wijilan. Wijilan sudah lama ternama sebagai sebagai sentra penjaja gudeg. Seperti namanya juga, Gudeg Mercon Bu Lies tidak hanya menyediakan gudeg regular namun utamanya gudeg mercon yang memang super pedas.

Menurut salah satu penjual gudeg ini di Jl Wijilan, gudeg mercon kemasan kaleng ini bisa bertahan hingga setahun. Namun jika dibuka dan disimpan dalam freezer hanya bisa bertahan satu bulan. Gudeg Mercon Bu Lies diproduksi berkerjasama dengan LIPI Gunung Kidul. Dalam prosesnya, pengalengan gudeg ini dikemas tanpa bahan pengawet.

Ada teknik khusus agar bisa membuat gudeg di dalamnya awet seperti memanaskan kaleng hingga 130 celsius lalu diredam air dingin. Dalam satu kaleng kemasan berisi 400 gr bisa yang bisa dimakan untuk 2-4 orang. Isinya komplit terdiri dari telur, tahu, tempe, sambel krecek lombok ijo dicampur oseng-oseng pedas daging sapi. Harga per kaleng dipatok Rp 30 ribu untuk rasa gudeg mercon sedangkan gudeg biasa Rp 25 ribu. Dengan kemasan yang awet ini maka PADMaker bisa membawa pulang sebagai buah tangan yang tahan lama.gudeg-mercon-1

Selain dalam kaleng, menu gudeg mercon yang sangat pedas bisa dinikmati langsung di warung Gudeg Mercon Bu Tinah. Gudeg ini bisa ditemui di Pasar Kranggan dekat Tugu Yogyakarta tepatnya di Jl Asem Gede No 8 Cokrodiningratan. Penyajian gudeg dengan lesehan ini sangat diminati. Warungnya selalu ramai didatangi tiap malam dan tidak pernah sepi. (naskah dan foto: Ferry Fansuri dan net/editor: Heti Palestina Yunani)