Selfie di Air Terjun Sumber Maron

sumber7Mengeskpolasi objek wisata Malang tak ada habisnya, baik di wilayah kotamadya atau pun di kabupaten. Di Kabupaten Malang, ada satu objek wisata berupa sumber mata air yang jernih serta air terjun kecil, ialah Sumber Maron. Selain keindahan alam dan air terjunnya, Sumber Maron juga dikenal sebagai pembangkit listrik atau Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Pembangkit listrik itu menyuplai kebutuhan listrik untuk warga di empat desa sekitar objek wisata. Jadi, selain menikmati objek wisata, wisatawan bisa sambil belajar mengenai cara kerja PLTMH.

BIAYA MASUKNYA?sumber1

Untuk menikmati kesegaran dan pemandangan hijau Sumber Maron, tiket masuknya cukup murah. Wisatawan hanya dikenakan tarif Rp 3000/orang untuk dewasa, Rp 2000/orang untuk anak-anak. Untuk menyewa ban tarifnya Rp 7000 per satu ban untuk sepuasnya.

ENAKNYA NGAPAIN?

  1. Menikmati air terjun cantik

sumber3Wisatawan dapat menuju ke lokasi dengan berjalan kaki. Sampai sana langsung saja bermain air di air terjun karena bentuk air terjunnya unik dan nikmatilah kesegaran airnya.

  1. River Tubingsumber6

Tubing adalah salah satu aktivitas wisata di mana seseorang naik di atas ban dalam dan membiarkan diri mengapung di atas permukaan air. Ini atraksi wisata favorit di Sumber Maron. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan river tubing dengan membiarkan dirinya mengapung sambil dibawa arus sungai yang sedikit deras di Sumber Maron. Dengan hanya tarif Rp7000 wisatawan sudah bisa bermain river tubing sepuasnya.

  1. Mengabadikan momen 

sumber5Untuk yang suka dengan fotografi tempat ini juga menyediakan pemandangan hijau alami dari sawah dan hutan pohon pinus. Bukan hanya itu saja, wisatawan yang suka dengan fotografi underwater juga bisa melakukannya di sini. Tenang, banyak yang menjual waterproof phone case (pelindung ponsel anti air) yang bisa digunakan untuk melindungi handphone/smartphone Anda saat sedang menyelam. Selfie pun bisa lho.

  1. Wisata kuliner

sumber8sumber2Di sepanjang objek wisata ini banyak sekali ditemukan warung-warung makan. Mulai dari warung kopi biasa dengan menu seadanya (minuman dan mi instan goreng/rebus), warung lalapan, nasi campur, aneka macam gorengan, minuman panas dan dingin seperti cendol, es campur, cincau, dawet dan sebagainya. Ada juga pedagang cilok, bahkan sempol khas Malang.

Yang harus dituju untuk pertama kali adarah Stadion Kanju ruhan. Dari stadion itu, lanjutkan berkendara sejauh 3 KM arah Gondanglegi (arah timur). Setelah tiba di Masjid Jami’ Darussalam yang berada sebelah kiri jalan lurus terus hingga menjumpai petunjuk arah ke Sumber Maron yang ada di kanan jalan. Ikuti petunjuknya dengan lewat jalan kecil hingga sampai ke Sumber Maron. (naskah dan foto: Veninda Martha/editor: Heti Palestina Yunani)