Say Good Bye dari Pantai Walakiri

Eksplorasi Sumba (7)

Restoran dan tempat penginapan ini mempunyai pelayanan yang baik serta owner yang ramah. Sayang sekali saya tidak menginap di sini karena pertimbangan lokasi yang lumayan jauh dari bandara. Mengingat keesokan hari saya harus meninggalkan Waingapu dan kembali ke Bali.

sumba garis pantai di walakiriJika Anda ingin menginap di Pondok Wisata Pantai Cemara dapat menghubungi +628123842178 atau +62361726871. Usai dari sana, destinasi saya terakhir di Waingapu adalah Pantai Walakiri. Pantai Walakiri ini terletak di Kabupaten Sumba dan untuk menuju ke sini dari Waingapu tidaklah jauh. Hanya sayang belum ada petunjuk yang jelas mengenai letak pantai ini.

Kami kembali memanfaatkan google map dan bertanya kepada penduduk setempat. Untuk menuju Pantai Walakiri harus melewati tiga jembatan, lalu melalui jalan di sebelah kiri dan melewati jalan berpasir putih. Pantai Walakiri ini terkenal dengan ciri khasnya yaitu garis-garis yang tercipta di pantai karena pantai yang sedang surut serta keberadaan pohon mangrove.sumba mangrove

Katanya pantai ini terkenal dengan artistiknya bagi pecinta fotografi. Saat senja adalah saat terbaik untuk mengambil foto di pantai ini. Matahari telah kembali ke ufuk barat, saya kembali Kota Waingapu. Di Waingapu saya menginap di Tanto Hotel. Letaknya di tengah Kota Waingapu dengan fasilitas standar dan kamar hotel yang bersih serta baru.

Pelayanan yang diberikan sangat memuaskan dan staf front desk yang ramah sangat membantu dengan memberikan jasa sewa kendaraan bermotor untuk mencari makan malam di sekitar hotel, mengingat hotel ini tidak menyediakan layanan makan malam.sumba tanto hotel

Keesokan harinya sekitar pukul 11.00 waktu Sumba, saya diantar ke Bandara Mau Hau (Waingapu) dengan shuttle free dari Tanto Hotel karena memang jarak hotel ini dari bandara tidaklah jauh. Oiya ini ada deskripsi perjalanan yang bisa saya bagi untuk calon traveller:

Transportasi:

* Tiket dari Batam – Bali – Waikabubak (Tambolaka): Rp 2.900.000/orang (Garuda Indonesia).

* Sewa mobil tour Sumba Barat Daya: Rp 650.000/hari bisa disewa di Mario Hotel atau mencari alternatif lain.

* Sewa mobil perjalanan dari Sumba Barat Daya menuju Sumba Timur: Rp 1.000.000/sekali jalan.

* Sewa mobil tour Sumba Timur: Rp 650.000/hari.

* Tiket dari Sumba Timur (Waingapu) – Bali – Batam:  Rp 3.100.000/orang (Wings Air/Garuda Indonesia).

Akomodasi:

Sumba Barat Daya (Waikabubak):

Mario Hotel

Tarif per malam: Rp. 550.000 termasuk sarapan pagi

Nomor yang bisa dihubungi Nicco (+6282236782111)

Sumba Timur (Waingapu):

Tanto Hotel

Jalan Prof. Dr. W. Z. Yohanes No. 14, Waingapu, Sumba Timur

Tarif per malam: Rp 481.000, tipe classic room (termasuk sarapan pagi)

Nomor yang bisa dihubungi: +62 (387) 62500.  (naskah dan foto: Yenny Fyfy/editor: Heti Palestina Yunani)