ROBERT STEVEN; Jangan Berbuat Seenaknya pada Bonsai

bonsai robert (8)Bagaimana membuat bonsai yang bagus? Ini pertanyaan sederhana yang seringkali muncul. Robert Steven, pakar bonsai internasional itu menyebut ada tiga syarat bonsai agar menjadi bagus. Bahwa bonsai itu mengandung banyak ilmu yang saling berkaitan. Bonsai itu seni rupa, sebagaimana lukisan, patung, bahkan juga desain interior. Bedanya, bonsai itu tanaman hidup, berubah terus, tidak dapat diperbuat seenak kita. Bonsai adalah fenomena alam ukuran kecil dalam pot. Karena itu prinsip botani tak dapat dilepas begitu saja. Menurutnya, ada tiga syarat bonsai yang bagus itu adalah:
1. Harus indah.
Menjiplak di alam saja tidak cukup. Bonsai bukan tanaman mini atau cuplikan yang dipindah dari alam. Itu bukan bonsai, hanya tanaman pot. Ini syarat utama, meskipun belum memenuhi syarat kedua dan ketiga. Unik, belum tentu indah dan memiliki alasan botani yang dapat dipertahankan.bonsai robert (5)
2. Ada kaitan atau clew dengan hortikultura.
Sebab setiap pohon di alam tidak terjadi begitu saja. Selalu ada alasannya. Berikutnya bicara fisiologi tanaman, dan sebagainya. Setiap jenis tanaman sudah memiliki bentuk-bentuk dasar yang berasal dari genetiknya.
bonsai robert (9)Pohon asam misalnya, pasti beda dengan pinus. Tetapi dalam pertumbuhannya bisa terjadi perubahan bentuk. Salah satunya karena faktor alam. Beringin yang tumbuh di alam terbuka pasti beda dengan yang tumbuh di tepi sungai.
Apa yang ada di atas tanah merupakan refleksi yang ada di bawah tanah. Ada cabang utama biasanya ada akar utama. Jadi kalau memotong cabang utama, pasti akan berpengaruh pada akarnya. Demikian pula sebaliknya. Akar selalu tumbuh ke arah sumber air.
Cabang tumbuh mengkuti arah akar, sehingga pohon di tepi sungai cenderung mengarah ke satu arah. Perantingan, selalu mencari arah sumber matahari. Dua faktor ini (air dan sinar) biasanya yang akan mempengaruhi bentuk pohon di alam.
bonsai robert (4)Faktor eksternal, yaitu morfologi, misalnya pohon yang tumbuh di padang pasir kering, pasti beda dengan daerah subur. Faktor lain, angin, petir, salju, termasuk manusia akan mempengaruhi bentuk pohon.
Jadi sewaktu membuat bonsai, sesuai dengan yang ada di alam, yang begitu kita lihat bonsai itu sudah mampu bicara sendiri. Ada kesalahkaprahan, bahwa pohon cemara seringkali diperlakukan seperti pohon tropis. Sehingga sering terjadi kesalahan sangat mendasar.
3. Ada makna.
Sebab bonsai itu seni, bukan kerajinan. Misalnya pohon beringin dalam pot dijungkir balikkan sedemikian rupa, kemudian diberi makna “kejatuhan orde baru.” Bisa saja seperti itu. Tetapi apa itu indah?
bonsai robert (2)Pengaruh Alam
Pohon berdaun jarum, cenderung epical dominan. Sepanjang ujungnya tidak diganggu maka pertumbuhannya akan lurus, tidak keluar cabang. Sebaliknya jika ujungnya diganggu, akan keluar cabang. Itu sebabnya cemara di negara tropis berbeda dengan cemara di negara-negara Eropa atau China. bonsai robert
Di negara tropis cemara cenderung lurus, berbentuk segitiga. Sementara di Eropa atau China mahkotanya cenderung flat, karena sejak awal diganggu terus menerus oleh salju. Jadi, ketika akan membuat bonsai, harus bisa berbicara untuk menjelaskan habitat tumbuhnya.
bonsai robert (6)Semakin mendekati fenomena alam, cenderung makin indah dan bermakna. Pohon berdaun lebar, struktur epikalnya tidak dominan, selalu ada kompetisi di setiap terminal pertumbuhan cabangnya. Pohon yang tumbuh di daerah dingin, butuh sinar matahari, sehingga setiap terminal akan membuka. sedangkan beringin, secara alami tidak akan pernah melintir.
bonsai robert (3)Bonsai semakin berumur cenderung makin muda, karena yang diperlukan adalah ujung-ujungnya. Bonsai belum tentu tua tapi minimal harus dewasa. Bukan dari banyaknya daun, tapi struktur perantingan dan percabangan. Anting Putri tanpa daun, dapat terlihat pohon dewasa, karena struktur perantingannya sempurna.
bonsai robert (7)Ada yang suka mengatakan bahan tidak matang, belum imbang, maksudnya apa? Salahnya di mana, apa pengaruhnya dalam keindahan? Leonardo da Vinci yang pelukis dan pematung itu melahirkan teori keseimbangan. bahwa semakin ke ujung mulai dari batang ke dahan hingga ke ranting akan semakin mengecil dengan perbandingan tertentu.bonsai robert (10)
Bagaimana membuat bonsai yang mengikuti teori Da Vinci, harus menunggu cabang yang baru tumbuh. Bonsai yang berasal dari galian, tidak mungkin mengikuti teori Da Vinci. Mengapa? Karena ketika di alam selalu melewati tiga fase, yaitu:
1. Prematur. Anatomi belum seimbang.
2. Dewasa. Semua struktur percabangan dan ranting sudah ideal.
3. Gangguan alam. Sebagian percabangan mati. Naluri mahluk hidup adalah bertahan hidup dan berkembang biak. Tumbuh mengalami transformasi, tidak selalu seimbang. (naskah dan foto: Sila Basoeki/editor: Heti palestina Yunani)