Pilihan Kuliner di Jalur Mudik 7 Kota (1)

Tak ada salahnya menjadikan mudik sebagai perjalanan wisata yang mengasyikkan. Salah satunya dengan mencicipi makanan lezat yang lama tak kita rasakan. Tak penting betul apakah kelezatan itu memang karena lezat. Atau karena lidah kita terlalu lama tak mengecapnya, karena terlalu lama tinggal di kota. Tiap kota menyimpan khasanah kuliner yang bisa dinikmati. Jika Anda yang mudik ke delapan kota ini, berikut adalah kedai-kedai lezat yang bisa dicicipi menuju Jember, Madiun, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung, Kediri, Malang.

Menuju Jember
Pernah menyantap Rawon Nguling di Surabaya di Jl Rajawali, Jl Kutai atau Jl Kendangsari? Kalau ya Anda yang pulang mudik ke Jember bisa menikmatinya di restoran aslinya tepatnya di Jl Raya Tambakrejo no 75, Kecamatan Tongas, Probolinggo. Di sana ada Rumah Makan Lumayan namanya. Tapi sesuai menu andalannya, rawon, rumah makan ini lebih dikenal dengan nama Rumah Makan Rawon Nguling. Rawonnya beda. Masakan berkuah dengan warna gelap karena memakai bumbu keluwak ini disajikan dengan campuran tauge dan daging sapi berlemak yang diiris kubus, dan dihidangkan dengan disiramkan langsung pada sepiring nasi putih panas. Hemm, boleh tambah kalau masih ngiler. Yang tak suka rawon boleh pilih gule kambing, krengsengan, sop, pecel, semu daging, garingan, dan menu lain yang tak kalah mak nyus.

Menuju Madiun
Makanannya masih ala Surabaya yaitu rujang cingur. Tapi yang ini lain. Ada Warung Rujak Cingur Asmuni di Trowulan, Mojokerto. Pemiliknya memang Asmuni, pelawak Srimulat yang dibuka sejak 1984. Andalan warung milik Asmuni yang punya khas berhidung (cingur) besar ini menyajikan rujak dengan daging mirip kikil yang kenyal dan sedikit liat saat digigit. Meskipun namanya rujak cingur, komposisi yang paling banyak dari rujak ini bukan cingur. Ada buah dan sayur seperti bengkoang, kedondong, timun, bendoyo (krai rebus), tahu, tempe, lontong, kangkung, kecambah, dan kacang panjang. Yang khas sambalnya karena dibuat dari petis dan terasi yang keduanya terbuat dari ekstrak udang.

Menuju Blitar
Pecel Blitar tergolong yang terenak di Jatim. Makanan khas warga Blitar ini sambal pecelnya bisa langsung dibeli Jl Cemara, Karangsari. Kalau mau mengisi perut menjelang mendekati Blitar bisa saja tuju Warung Bu Martum, spesialis sayur tewel (nangka muda) yang super pedas. Tepatnya di Desa Dayu, Nglegok. Rumah dengan teras berlantai keramik dominasi warna hijau muda, pengunjung warung tersebut. Asyiknya pengunjung bisa langsung menuju dapur untuk memilih serta memesan menu makanan yang tersedia. Jangan heran bila di dapur sebagaimana dapur pada umumnya yang penuh bahan-bahan Warung ini terkenal karena sayur tewel dimasak sangat pedas. Di sana juga tersedia masakan lainnya seperti ikan kutuk, lele, jendil serta ingkung atau ayam utuh. Ditambah dengan oseng-oseng mercon (lombok ) warung ini surga bagi mereka yang doyan pedas. (naskah: Heti Palestina Yunani/foto: itn/hpy)