Pilih Hostel? Siaplah Berbagi

HHostel dalam KBBI berarti tempat untuk menginap yang murah; asrama. Sedangkan hostel dalam pariwisata berarti penginapan dengan harga ekonomis yang biasanya digunakan oleh para backpacker, di mana tipe kamarnya terdiri dari private room & dormitory. Pada umumnya hostel memiliki fasilitas bersama seperti kamar mandi, dapur, dan ruang santai.

hostel (8)Nah bagi backpacker mania, kabar gembira untuk kalian yang hobi traveling berbajet rendah. Kini sudah banyak hostel bertebaran lho. Hampir di tiap kota besar punya tempat menginap ramah di kantong. Biasanya lokasinya strategis, dan fasilitasnya beragam. Ada yang dilengkapi dengan koleksi buku, DVD, game, dan yang wajib adalah internet area/wifi tiap kamar, dapur (self service). Semua itulah yang membuat di hostel kita betah ‘feels like at home’.

Meski tak tertulis, memilih hostel harus dipahami bahwa Anda harus siap berbagi. Karena bertemu penghuni kamar lain, sosialisasi sesama backpacker baik turis domestik/manca, harus dilakukan. Yang bilang itu enak jelas karena mau berbagi cerita/bahkan bisa merencanakan untuk mbolang bareng. Traveling-mu jadi lebih seru dan punya pengalaman baru kan?

HTapi bagi yang suka hunian private, memang kurang disarankan menginap di hostel karena harus rela berbagi kamar dengan orang baru yang punya kebiasaan berbeda. Bisa-bisa ada yang rapi, berantakan, suka mengobrol/berisik, ngorok bahkan, dan suka keluar-masuk kamar. Tapi kalau itu tak masalah, maka silakan pilih dari beberapa hostel yang akan saya bahas di Jakarta, Yogyakarta dan Bali ini. Simak gambarnya ya.

Gambar 1-2: SIX DEGREES, Backpacker Hostel (2014) (150k)
Lokasi: Cikini Raya Jakarta, cukup dekat dengan Stasiun Senen/Stasiun Gambir)
Kesan: Petugas ramah & helpfull, bisa late check-in by confirm, wifi kenceng di tiap kamar ada, tersedia mesin cuci, seterika, tersedia peta Jakarta dan jalur transportasi umum. Buat yang berhijab kurang nyaman sih karena kamar cewek/cowok campur walau ada sekat & tirai, tapi kamar mandi individual bergantian.

H

Gambar 3-7: Capsule Hostel OLD BATAVIA (2016) (<150k)
Lokasi: Cikini Raya Jakarta, masih satu komplek dengan Six Degrees
Kesan: Petugas ramah & helpfull, wifi kenceng di tiap kamar, ruang tidur cewel/cowok terpisah jadi buat yang berhijab lebih nyaman. Bahkan kamar mandi berbilik cewek/cowok juga terpisah dan tersedia pengering rambut dan juga ada seterika.H

Gambar 8-12: EDU Hostel (2017) (<100k)
Lokasi: Jl Letjen Suprapto Yogyakarta. Dari sana lumayan keringatan kalau harus jalan kaki ke Malioboro. Mau?
Kesan:
Kamar mandi di tiap kamar bikin jadi lebih nyaman, internet area hanya di lobi, bisa nongkrong & lihat sunrise di roof top. Cuma berisik banget kalau kedatangan rombongan anak sekolah. Mayoritas tamunya turis domestik, jadi mungkin ini alasannya sarapan menyediakan nasgor.H

Gambar 13: CX LEGIAN Hostel (2016) (<100k)
Lokasi: Jl Legian Bali
Kesan: Petugas ramah, lokasi di tengah keramaian Jl. Legian. Mau ke Pantai Kuta inggal jalan. Wifi di tiap kamar ada, kamar mandi berbilik cewek/cowok terpisah. (naskah dan foto: Annisa Novitasari/editor: Heti Palestina Yunani)