Perhatikan 8 Hal Sepele Ini di Bandara

Tren berwisata yang semakin popular membuat bandara semakin banyak dikunjungi para wisatawan. Biasanya sebelum ke bandara, ada beberapa hal yang terlebih dahulu baik juga untuk di-research. Kenapa? Bagi PADMagz, kedelapan hal ini penting untuk memastikan perjalanan Anda mulus nantinya. Bahkan beberapa hal sepele di bandara ini jika tidak diperhatikan dengan baik dapat mengurangi kenikmatan Anda dalam perjalanan.

1 GATE
Begitu tiba di bandara, sebisa mungkin langsung check-in dan mencari tahu pintu keberangkatan Anda. Terlebih lagi jika ini bukan bandara yang biasa Anda gunakan sehingga Anda belum bisa memastikan jauh dekatnya pintu keberangkatan tersebut. Belum lagi ditambah kemungkinan panjangnya antrean terutama di hari libur/weekend. Ada baiknya setelah mengetahui gate tersebut, cukup nongkrong di sekitar gate tersebut untuk bisa mendengar panggilan boarding atau informasi terkait penerbangan Anda.

2 PERATURAN
Rata rata semua bandara memiliki peraturan yang sama misalnya dilarang keras membawa narkoba atau benda tajam. Namun beberapa bandara atau penerbangan memiliki peraturan lebih kompleks sehingga wajib tahu misalnya penerbangan ke Amerika Serikat mewajibkan menggunakan kunci TSA sesuai standar mereka. Di Narita, Tokyo, ada imbauan untuk tidak menggunakan sepatu berhak runcing karena kuatir tersangkut di eskalator. Di bandara Indonesia, ada kondisi khas. Saat di Bandara Mutiara Palu, ketika akan check in bersamaan dengan azan Maghrib, rupanya bandara tersebut malah tidak beroperasi sementara. Tidak ada satpam atau petugas yang berjaga sehinga penumpang harus rela menunggu azan usai.

3 TOILET
Sebelum masuk ke pesawat, ada baiknya selalu menyempatkan diri ke toilet. Kalau kebetulan tidak lagi kepepet carilah toilet yang tidak berdekatan dengan pintu keluar/masuk atau di sekitar ruang tunggu karena biasanya pasti selalu ramai dan hanya menyediakan beberapa bilik saja. Biasanya waktu ke toilet favorit beberapa orang adalah setelah check-in atau tepatnya sebelum pengecekan, jika sedang bepergian ke luar negeri. Yang ini sangat disarankan PADMagz karena di USA kita tidak boleh membawa cairan masuk sehingga jika membawa air minum dapat meminumnya terlebih dahulu atau membuangnya di toilet sebelum masuk.

4 COLOKAN LITSRIK
Hal ini menjadi penting karena di zaman sekarang tidak ada manusia yang tidak membawa alat elektronik. Jumlahnya pun terkadang lebih dari dua mulai handphone, laptop, tablet, dan kamera sehingga jika bisa men-charger-nya, pengguna gadget tentu senang sekali. Apalagi jika menghadapi perjalanan panjang di atas udara, biar tidak mati gaya di pesawat dan bisa menggunakan alat-alat elektronik tersebut nantinya. Kalau di beberapa negara, ada tempat khusus untuk men-charger. Sedangkan di Indonesia hal ini baru mulai digalakkan dengan diberikannya fasilitas boks kecil dengan kunci agar Anda dapat meninggalkan HP di dalamnya. Jika tidak tersedia, Anda masih bisa melipir ke restoran untuk menumpang men-charger.

5 WIFI/INTERNET GRATIS
Kebutuhan untuk selalu terkonek dengan internet telah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia zaman sekarang. Entah itu untuk urusan pekerjaan maupun just for fun. Beberapa airport di Indonesia telah mengerti dengan hal ini sehingga berbaik hati menyediakan wifi gratis. Namun jika tidak, satu-satunya tempat untuk mendapatkan wifi yaitu bisa di restoran/lounge, tentu saja tidak bisa didapatkan dengan gratis.

6 MENCARI ‘PEMBUNUH’ TUNGGUAN
Airport mungkin mengerti jika mereka harus melakukan sesuatu yang lebih dari sekadar menaikkan penumpang ke pesawat atau menyambut penumpang. Untuk hal ini PADMagz harus mengatakan Changi Airport lah juaranya sebab mereka punya segala macam atraksi gratis yang bisa membantu penumpang membunuh rasa bosan saat menunggu atau saat transit selama di dalam terminal. Atraksi gratis yang paling mutakhir di Changi adalah keliling Singapura gratis dengan bus selama kurang lebih dua jam. Syaratnya Anda harus mempunyai jarak selang transit minimal 5 jam. Kalau tidak, no problem karena di bandara yang lebih mirip mal ini, Anda masih bisa window shopping dan mencoba fasilitas gratis seperti kursi pijat atau nonton di bioskop mini.

7 PUBLIC TRANSPORTATION
Naik taksi dari/ke airport sebaiknya hindarilah kalau bisa. Selain harga yang mahal, rata rata sudah banyak transportasi umum yang dapat digunakan menuju ataupun keluar dari airport. Contohnya Damri yang menjadi pilihan terbaik jika di Jakarta. Kalau di luar negeri biasanya bandara terhubung langsung dengan train/subway sehingga Anda bisa langsung menuju downtown. Selain itu bisa juga menggunakan airport shuttle yang tarifnya lebih nyaman di kantong dibanding taksi.

8 ASUPAN SEHAT
Sayangnya kalau mau makanan sehat di bandara biasanya tidak murah. Kalau makanan murah belum tentu sehat. Jadi kalau Anda memprioritaskan makanan sehat, hindari membeli makanan cepat saji. Yang terbaik ya bawalah bekal, biarpun dibilang kampungan yang penting sehat dan perut kenyang. Kalau tidak sempat menyiapkannya sendiri, bisa membeli sebelum tiba di bandara, hitung-hitung sebagai penghematan. Anda juga bisa membawa kudapan sehat seperti buah-buahan. Sebaiknya juga tidak meminum minuman bersoda karena hanya akan membuat perut kembung. Bawalah air minum sendiri untuk mengantisipasi dehidrasi selama perjalanan.

Nah itulah 8 hal yang diamati PADMagz untuk Anda diperhatikan selama di bandara. Kalau Anda, apa yang menjadi perhatian ketika tiba di Bandara? (naskah: Lenny/foto: PADMagz/hpy)