Pelindo Serahkan Aquarium ke KBS

aquarium (9) Aquarium KBS kini tampil baru. Perubahan ini setelah pada September 2015 hingga Oktober 2016, aquarium direnovasi atas program CSR dari PT Pelindo III. Untuk merenovasi, PT Pelindo III mengeluarkan dana sebasar Rp 2,4 miliar. Dana sebesar itu utamanya digunakan untuk membenahi fisik khususnya interior aquarium yang sudah lama perlu sentuhan baru.

aquarium (5)Serah terima dilakukan PT Pelindo III diwakili oleh Corporate Secretary Yon Irawan pada Kamis, 6 April 2017 pukul 10.00 langsung kepada pihak PDTS KBS (Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya) yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Keuangan dan SDM KBS Fuad Hassan. Dengan serah terima ini maka pengelolaan Aquarium KBS diserahkan sepenuhnya kepada PDTS KBS.

aquarium (10)Serah terima dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan dengan kunjungan resmi ke kompleks area Aquarium KBS itu disaksikan juga oleh pihak Pemkot Surabaya, Badan Pengawas KBS serta seluruh karyawan PDTS KBS. Sebagai rasa syukur serah terima, PDTS KBS mengajak 60 anak dari berbagai yayasan peduli anak yaitu Yayasan Alit, Yayasan ASA (Advokasi Sadar Autis), SDN Klampis Tengah Ngasem I (sebuah sekolah inklusi), PA Aisyiyah Putri 1 Baratajaya dan PA Aisyiyah Putri 2 Kebonsari, serta Empat Sekawan SB arahan Sila Basuki, yang kebetulan anggota Bawas PDTS KBS.

Mereka yang mendapatkan Bingkisan Syukur itu juga menampilkan berbagai aksi. Hiburan juga diramaikan musik akustik dan penampilan karyawan KBS yang memperkenalkan jingle terbaru mereka berjudul “KBS Lestari” yang penuh semangat akan terwujudnya KBS baru. Dijelaskan Dirut KBS, Aquarium KBS merupakan bagian dari Kebun Binatang Surabaya (KBS).

aquarium (8)Diharapkan dengan tampilan baru itu, Aquarium KBS kian menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mengenal lebih dekat keragaman kehidupan satwa air dalam bentuk potongan ekosistem kecil yang diadaptasi dari lingkungan alam sebenarnya. Dibangun di atas lahan seluas ±1500 m2, Aquarium KBS terbagi menjadi dua jenis habitat ikan, aquarium air laut dan aquarium air tawar. Sebelum renovasi, jumlah ikan aquarium tercatat sebanyak 419 ekor.aquarium (6)

Setelah renovasi, jumlah koleksi aquarium bertambah menjadi 614 ekor. Renovasi fisik yang utamanya dilakukan pada sisi interior itu diharapkan kian mendukung keberadaan Aquarium KBS sesuai standar peragaan satwa pada kebun binatang. Diharapkan tampilan baru Aquarium KBS itu akan menambah benefit pengunjung KBS yang telah menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Surabaya.  (naskah dan foto: Heti Palestina Yunani/editor: hpy)