Pantai-pantai Indah di Pesisir Selatan Painan

pesisir minang-Nelayan pulang melaut
Nelayan pulang melaut di pesisir selatan Painan

Ada sekeping surga yang terbentang di Ranah Minang; pesisir selatan. Belum banyak traveler yang mengetahui keindahannya. Bayangkan, potensi wisata pantai indah itu cukup besar. Mereka tersimpan di sepanjang 234 km pantai dari utara hingga ke selatan Kabupaten Painan.

Bisa jadi, daerah ini merupakan salah satu kabupaten dengan garis pantai terpanjang di Indonesia saat ini. Meski memiliki potensi besar di bidang kelautan, anehnya pesisir selatan di kabuoaten ini justru salah satu daerah tertinggal di Sumatera Barat.

Mungkin karena wilayahnya berada di perbatasan provinsi. Selain itu, jarak dari ibukota provinsi dan akses transportasi yang terbatas juga jadi alasan terisolirnya daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu dan Jambi ini.

Ibukota Kabupaten Pesisir Selatan, Painan, berjarak kurang lebih 77 km dari Kota Padang dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Hanya ada satu akses darat dari Padang ke wilayah kabupaten ini. Perjalanan dapat ditempuh dengan angkutan gelap yang banyak ditemukan di kawasan Gauang, Padang.

Dengan ongkos Rp 25 ribu/orang, pemandangan alam pantai yang menakjubkan sudah dinikmati di sepanjang jalan pesisir selatan. Sepanjang perjalanan dari Padang hingga perbatasan dengan Provinsi Bengkulu, Anda akan dimanjakan oleh pesonanya.

Dari Painan menjelang Kecamatan Batang Kapas, jalan raya tepat berada di pinggir pantai Taluak Tampuruang yang indah. Menjelang Kecamatan Sutera, tepatnya di Bukit Teratak, pesona pesisir pantai dan laut di daerah ini akan kembali membuat Anda takjub saat menyaksikannya dari ketinggian.

Pantai Nyiur Melambai

pesisir minang-Kawasan Mandeh dan Pulau Cubadak
Kawasan Mandeh dan Pulau Cubadak

Jika berangkat dengan kendaraan sendiri, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk singgah sejenak untuk menikmati Pantai Nyiur Melambai Taratak yang berada di bawah tebing. Gugusan pulau di sepanjang laut pesisir selatan juga menarik untuk dijelajahi.

Salah satunya Pulau Cubadak di Kawasan Mandeh, yang membuat negeri ini terkenal hingga ke Eropa, karena adanya resort Cubadak Paradiso milik investor asal Italia. Anda pun bisa menginap di pulau yang sepi itu dengan biaya sekitar Rp 1 juta/orang/malam. Di sana, Anda bisa mencoba diving.

Pantai Carocok

pesisir minang-Gugusan Pantai Carocok, Bukit Langkisau, Pulau Batu Kereta dan Pulau Cingkuak (1)
Gugusan Pantai Carocok, Bukit Langkisau, Pulau Batu Kereta dan Pulau Cingkuak

Destinasi paling popular di kalangan wisatawan yang datang ke pesisir selatan adalah Pantai Carocok. Saat sampai di Painan, Anda bisa langsung mengunjungi pantai yang hanya berjarak sekitar 5 menit dari pusat kota ini.

Anda bisa mencapainya dengan menumpang ojek, becak motor, atau bendi (delman) dari Pasar Painan, dan cukup membayar ongkos Rp 5 ribu/orang. Untuk memasuki kawasan objek wisata Pantai Carocok hanya membayar retribusi sebesar Rp 2 ribu/orang.

Bermain banana boat dan kapal wisata menjadi pilihan yang menarik. Di depan akan terlihat Pulau Kereta yang berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai. Di kejauhan ada satu pulau lagi, Pulau Cingkuak yang dapat dicapai dengan kapal wisata.

Dulu Pulau Cingkuak menjadi benteng pertahanan Portugis ketika pertama kali masuk ke wilayah Minangkabau. Sisa-sisa bangunan benteng itu pun masih ada hingga saat ini. Bagi yang hobi memancing, lokasi pulau ini juga bisa jadi pilihan. Jangan lupa pula singgah ke Bukit Langkisau terlihat memagari kota kecil Painan, tak jauh dari kawasan Pantai Carocok.

Dari puncak Bukit Langkisau ini akan tampak pemandangan yang sangat menakjubkan. Ada hamparan laut Teluk Painan yang bersanding dengan Kota Painan hingga ke kawasan Bukit Barisan. Tata letak alamiah alamnya benar-benar membuat kota kecil ini begitu mempesona. Jika ingin menantang adrenalin, Anda juga bisa mencoba olahraga paralayang di bukit ini. (naskah dan foto: Adela Eka Putra Marza/Heti Palestina Yunani)