Panduan Asyik dan Seru di Festival Holi

jaipur (6) Ingin ikutan Festival Holi di Jaipur? Tahun 2017, Festival itu digelar pada 12 dan 13 Maret. Untuk pergi ke salah satu negara bagian Rajasthan di barat laut India dan memiliki area tanah terluas itu, pakailah pesawat dari Jakarta atau kota lain. Tujuannya Kuala Lumpur untuk lanjut ke New Delhi. Beberapa operator penerbangan seperti Air Asia, Tiger Air dan Malindo Air memberikan pelayanan rute ini.

Tiket berkisar Rp 3 jutaan pulang pergi. Bisa lebih murah atau bisa lebih mahal tergantung waktu pembelian, jadi bersiaplah booking lebih awal. Dari New Delhi bisa berlanjut menggunakan pesawat, kereta api maupun bus. Saya menggunakan http://cleartrip.com untuk mengecek jadwal angkutan umum di India.jaipur (3)

Aplikasi ini bisa diinstal di smartphone Anda untuk memudahkan pencarian bahkan memesan. Untuk memastikan agar tidak tersesat, saya menggunakan fasilitas peta offline di smartphone menggunakan aplikasi maps.me di google play.

SAMSUNG CSCSelama berada di India, khususnya Jaipur, saya mempelajari banyak hal. Ada banyak yang perlu saya ingatkan untuk Anda yang ingin datang jalan-jalan dan menikmati Festival Holi di kota ini. Inilah beberapa hal agar Anda agar happy menuju Jaipur. Selamat berpetualang ya.

  1. Saat holi berlangsung gunakan pakaian putih agar warna semakin muncul dan pakaian itu biasanya tidak dapat digunakan lagi karena terkena warna.
  2. Supaya warna tidak terlalu menempel di kulit, baluri muka dan tubuh dengan krim anti matahari sehingga warna tidak langsung menempel di kulit.
  3. Hindari penggunaan kacamata, softlens dan aksesoris berlebihan saat digelar Festival Holi.
  4. Bawa tas anti air untuk menyimpan segala bawaan pribadi.
  5. Hati-hati saat mengambil gambar dengan kamera dan smartphone. Lapisi dengan plastik anti air dan debu.
  6. Saat ingin membeli sesuatu atau naik rickshaw usahakan bertanya terlebih dahulu harga dan sepakati bersama.
  7. Jangan memberi kepada pengemis karena jika memberi satu orang maka yang lain akan berkumpul dan mengerubungi.
  8. Hati-hati dengan orang yang tidak dikenal dan berusaha akrab menjelaskan banyak hal, bisa jadi ia akan meminta imbalan karena menganggap anda sudah dipandunya.jaipur (1)
  9. Hati-hati dengan makanan dan minuman pinggir jalan, bawa obat anti diare untuk berjaga-jaga.
  10. Karena cuaca sangat panas jangan lupa untuk membawa air minum sendiri, lip balm dan tabis surya.
  11. Untuk mengurus visa bisa langsung menuju Kedutaan India di Jakarta, Surabaya atau Medan. Bagi yang berada jauh dari tiga kota tersebut bisa mengurus lewat e-Visa melalui internet dengan biaya USD 49. Silakan cek di http://indianvisaonline.gov.in
  12. Simcard di India bisa digunakan untuk akses internet namun akan terkena roaming saat digunakan untuk bertelepon saat berpindah negara bagian di India.
  13. Jika memilih hotel/hostel pastikan memilih yang punya fasilitas wifi dan bisa digunakan karena jaringan internet susah diakses walaupun di bandara besar seperti di New Delhi dan Kolkata sekali pun. (naskah dan foto/Dony Prayudi/editor: Heti Palestina Yunani)