Nyaris Lupa di Tengah-tengah Suku Najavo

Jejak Suku India n di Arizona, Amerika Serikat (1)

arizona-najavo Banyak yang berasumsi bahwa Amerika Serikat identik dengan negara super power yang semuanya serba ada dan canggih. Namun dalam perjalanan saya ke daerah Southwest Amerika Serikat, saya berhasil menyibak sisi lain dari negara Paman Sam ini. Di kawasan tempat saya menempuh pendidikan di Arizona, saya berkesempatan merasakan budaya serta sejarah yang melekat di setiap sudut kotanya.

Terutama yang berhubungan dengan suku asli yang pertama kali bermukin di Amerika, Suku Indian. Tercatat ada 562 Suku Indian yang tersebar di seluruh penjuru state. State yang paling banyak dihuni Suku Indian adalah area Southwest seperti California, Arizona dan New Mexico. Layaknya Indonesia yang memiliki banyak etnis, Suku Indian juga terdiri dari bermacam macam jenis suku.

Satu yang terkenal contohnya Suku Apache yang mahir dalam berperang atau Suku Hopi yang terkenal kemahirannya dalam membuat kerajinan tangan. Di Arizona, Suku Indian yang mendominasi adalah Suku Navajo. Sifat Suku Indian yang tidak suka menonjolkan diri dan jarang terekspos media mungkin memungkinkan kita untuk menjumpai mereka langsung.

arizona-hubbell trading postDi Arizona, saya dapat langsung berinteraksi dengan mereka. Saya sampai nyaris lupa kalau saya ada di Amerika Serikat. Navajo Nation merupakan salah satu Indian Reservation yang artinya kawasan khusus Suku Indian di mana mereka masih hidup sesuai budaya dan kepercayaan mereka masing masing.

Dari 50 Indian Reservation di Amerika Serikat, Navajo Nation di Arizona merupakan yang terbesar dan telah masuk dalam Guinness World Records. Sebagai yang terbesar, Navajo Nation memiliki wilayah sebesar 65 ribu persegi yang kalau diukur sama besar dengan West Virginia. Saking besarnya wilayah Navajo Nation yang berkedudukan di utara Arizona ini juga meliputi Utah dan New Mexico.

Tidak hanya sebagai kawasan yang terbesar, tetapi Suku Navajo merupakan suku terbesar Indian yang ada di Amerika Serikat. Untuk mencapainya, dibutuhkan waktu 6 jam dengan berkendara mobil dari Phoenix, Ibu Kota Arizona. Saat saya menuju ke sana, saya sempat mengunjungi Montezuma Castle National Monument, sebuah tebing batu kapur bekas tempat tinggal Suku Sinagua sejak 1100-1425.arizona-montezuma (2)

Kawasan Navajo Nation juga terletak di gurun pasir Sonoran yang dikaruniai pemandangan unik berupa bentangan luas dataran rendah yang disandingkan dengan bebatuan atau tebing indah berwarna merah kecokelatan.

Keunikannya telah banyak difilmkan untuk setting film-film koboi zaman dahulu. Suku Indian yang mendiami Navajo dikenal juga sebagai Diné (Bahasa Navajo). Diperkirakan ada kurang lebih 175.228 orang yang tinggal di area ini. Suku Indian memiliki rumah khas yang dinamakan Hogan yang berbentuk segi delapan dan memunyai pintu yang menghadap ke arah matahari terbit.arizona-hogan

Walaupun banyak yang telah tinggal di rumah yang modern, namun biasanya mereka tetap mempertahankan rumah tradisionalnya juga. Selama perjalanan di sini, satu hal yang mencolok dari Suku Indian adalah rambut panjang hitam mereka yang terawat. Menurut mereka, rambut adalah simbol dari Suku Indian dan pantang bagi mereka untuk memotongnya ataupun diwarnai.

Pantas saja saya tak pernah melihat gadis Suku Indian dalam potongan rambut pendek terlebih pada wanitanya. Bahkan hal ini diyakini para prianya. Tak jarang saya dapat menjumpai prianya dengan rambut panjang ala pendekar kungfu yang sebatas pinggang dan dikepang rapi. (teks dan foto: Lenny/editor: Heti Palestina Yunani)