Ngrujak Bulung dan Berkano di Pantai Pandawa

pantai-pandawa-3Bali seolah tak bisa lepas dari wisata pantainya. Dan, temuan pantai perawan pun tak pelak selalu mengundang rasa penasaran, apalagi dibumbui dengan putihnya pasir dan hebatnya ombak untuk selancar. Inilah Pantai Pandawa. Terletak di titik paling selatan pulau Bali, pantai Pandawa agak susah dicari. Tapi justru itulah uniknya.

pantai-pandawa-13Setelah melewati daerah bukit kapur yang tandus, dan berjalan di antara apitan celah bukit yang tertatah, Pantai Pandawa terlihat jelas terhampar dari ketinggian. Menyusuri jalan ke arah pantai pun, pengunjung akan disodori tatahan tebing yang diceruk untuk meletakkan patung-patung tokoh Pandawa, nama klan kisah Mahabharata, yang menjadi insiprasi penamaan pantai perawan ini.pantai-pandawa-12

Wisata pantai yang tersedia pun cukup unik, Kebun Rumput Laut. Air laut Pantai Selatan yang kaya nutrisi, dan dasar laut yang landai, dimanfaatkan para petani rumput laut untuk berkebun rumput laut di masa laut tenang. Hasil panenan pun bisa langsung dinikmati pengunjung bila berkenan. Menu rujak bulung (rumput laut segar berkuah terasi dan sedikit cuka) adalah menu favorit yang pasti tersedia saat persediaan rumput laut melimpah.

Sebagian hasil panen juga dikirim ke pabrik untuk pengolahan agar-agar dan bahan dasar kapsul. Saat gelombang sedang tinggi, ppantai-pandawa-7enikmat selancar dari berbagai negara hampir bisa dipastikan hadir untuk menikmatinya. Jauh dari keramaian, namun tetap ramai para pedagang penduduk lokal. Peselancar berbagai tingkatan seolah tak jemu menikmatii ombak setinggi satu meter yang terus menerjang.pantai-pandawa-10

Tak bisa berselancar? Jangan khawatir, Anda masih bisa berkano ria. Walaupun tidak ada petugas penjaga pantai, para nelayan yang menyewakan kano cukup tanggap dengan faktor keamanan. Apalagi, setiap peserta berkano diharuskan mengenakan jaket pelampung demi keselamatan. Cukup merogoh kocek Rp 30 ribu, kita bisa berkano ria selama setengah jam. Walaupun sebentar, pengalaman berkano ternyata cukup menantang. Apalagi saat laut sedang naik dan penuh gelombang.

pantai-pandawa-2Berada di antara laut dan tebing terjal, membuat hawa Pantai Pandawa menjadi sejuk dan cukup mendinginkan suhu tubuh para penikmat pancaran cinta sang surya, demi mendapat kulit cokelat eksotis penghuni Nusantara. Dan untuk mereka yang tak kuasa berlama-lama, jajaran payung pantai dan kursi rebah sewaan siap menerima raga pelawat Pantai Pandawa. (naskah dan foto: PADMAkers/Heti Palestina Yunani)