Ngoncom di Sawung Ditemani Air Terjun dan Suling

Mengitari kota hujan Bogor semenjak pagi, membikin serangkaian kulinernya menggoda. Tak terhitung pilihan yang bermunculan, dari yang biasa sampai yang unik dan nge-hits. Tak sedikit yang bernivoasi dengan nama, tampilan juga bahannya.

gurih 7 - oleh2 khas bogor
Aneka jajanan khas Bogor

Saya sedang tak hendak mengunjungi atau mencoba salah satunya. Rasa lapar menyebabkan malas mencari-cari tempat yang direferensikan. Maka melipirlah kendaraan kami di depan sebuah rumah makan terdekat. Gurih 7 namanya. Area parkirnya luas dan begitu masuk, pandangan mata seketika menangkap warna-warni potong kue dalam etalase.

Bolu talas khas Bogor dibuat dalam berbagai varian rasa. Ada juga alternatif kue lainnya seperti Papa Pia, yaitu pia buatan rumahan adalah yang terlaris disini, menyaingi berbagai makanan ringan lainnya seperti dodol buah.

Kami duduk di area sebelah ‘toko roti’ dan memesan masakan khas Indonesia, salah satunya nasi tutug oncom, berikut tahu dan tempe bacem serta lalapan dan sambel. Penampilan nasi tutug oncomnya sih tak berlebihan namun rasanya lezat. Minuman yang mereka sediakan menjadi pelengkap makan siang kami. Minum es cincau kelapa muda luar biasa segarnya.

gurih 7
Tahu dan tempe goreng

Pantas sekumpulan tamu di meja seberang kompak memesannya untuk mendampingi irisan bolu talas yang mereka pesan. Kelihatannya mereka sedang berdiskusi ringan. Berbeda dengan meja lainnya yang pesanannya penuh menu khas Sunda lengkap seperti sayur asam, ikan bakar, pepes telur ikan dna pepes tahu.

Rumah makan ini memang berbeda dengan kebanyakan rumah makan lainnya. Terletak tepat di tepi jalan raya, ia mempunyai bagian utama sebagai tempat bersantap. Ini baru bagian depan restoran. Di bagian belakangnya ada tangga kayu untuk turun.

gurih 7 - sawung terujung ini paling asyik untuk bersantap
Sawung terujung ini paling asyik untuk bersantap

Selepas dari tangga, kita semakin dekat dengan bagian keduanya yaitu  sawung-sawung yang bejajar rapi bagian kiri dan kanan tepian kolam ikan. Kita boleh memesan makanan di atas di sini dan menentukan sendiri mau duduk di mana.

Kalau mau lebih santai, sebaiknya cobalah menempati sawung paling ujung. Sebuah air terjun mengalir tak jauh darinya. Suara airnya berpadu dengan musik khas Sunda yang mengalun akan menemani makan siang kita. Suara serulingnya itu lho, terasa merdu di telinga.

gurih 7 - suara air terjun siap menemani waktu bersantap
Suara air terjun siap menemani waktu bersantap

Sebelum melanjutkan berkeliling Bogor, ada baiknya memuaskan mata di sini. Main dekat air terjunnya, mendengarkan suaranya yang seakan mengirimkan rasa tenteram ke dalam jiwa, meniti batu-batu yang di atur berjarak sama di atas kolam ikan atau melayangkan pandang sejauh mungkin. Lembah dan bukit jadi penyejuk mata yang sempurna.

Tempatnya asri dan menyenangkan, sekaligus bisa sekalian membeli oleh-oleh dari daerah Jawa Barat dan sekitarnya kalau terlena, kelamaan menghabiskan waktu di sini dan enggan beranjak ke tujuan berikutnya. (naskah dan foto: Lucy Liestiyo/Heti Palestina Yunani)