Mudik? Cek Dulu 12 Hal Ini

Lebaran 2016 tinggal beberapa hari lagi. Ada yang pasti sedang mempersiapkan mudik. Mudik bersama keluarga dengan kendaraan pribadi banyak dipilih banyak orang. Sebelum mudik meninggalkan rumah, ada baiknya cek 12 hal yang PADMagz bagi ini. Berikut adalah pengingat agar acara mudik lancar hingga di kampung halaman.

1 Periksakan kendaraan ke bengkel, hari ini juga!
Pastikan jauh-jauh hari kondisi mobil atau kendaraan bermotor Anda sudah siap meghadapi tantangan untuk dibawa menempuh perjalanan jauh. Membawanya untuk diservis ke bengkel terdekat atau langganan adalah upaya terbaik agar kendaraan dalam keadaan layak jalan. Juga siapkan semua perlengkapan alat-alat mobil (tools kit) lengkap terbawa dalam kendaraan.

2 Kondisi Tubuh
Memastikan diri apakah kondisi tubuh Anda fit sangat penting. Jangan menganggap karena mudik dengan anggota keluarga sendiri dalam kendaraan pribadi, hal-hal sepele yang tak beres dengan tubuh Anda tak diperhatikan. Jika Anda yang menjadi driver, tak ada yang salah kalau memeriksakan diri ke dokter meski sekadar memeriksakan tekanan darah.

3 Kemas Muatan
Muatan berupa barang harus ditempatkan dengan tepat. Upayakan untuk membawa barang-barang yang sangat perlu dengan tolok ukur sesuai ruang bagasi. Jangan sampai lebih hingga menyita ruang duduk yang membuat tak nyaman. Barang bawaan juga hendaknya dipisahkan untuk yang diambil sewaktu-waktu saat diperlukan. Tempatkan benda yang seperti ini tempat atau posisi yang mudah dijangkau.

4 Bekal Makanan dan Minuman
Jika perjalanan ditempuh dalam jarak jauh, sebaiknya bawa makanan dan minuman dari rumah. Utamakan untuk anak-anak misalkan camilan atau susu bagi bayi. Pilih asupan yang menyehatkan seperti buah-buahan, biskuit, atau bahkan nasi lengkap dengan lauk pauk serta minuman mineral. Selain bisa dikonsumsi sewaktu-waktu, ini akan menghemat waktu perjalanan karena tak harus berhenti mencarinya. Juga menghemat biaya karena tak harus membelinya. Juga aman karena terhindar dari risiko jajanan yang belum tentu disajikan dengan sehat.

5 Siapkan Obat-obatan
Segala kemungkinan gangguan fisik selama perjalanan harus diwasapadai. Bawa obat-obatan yang diperlukan untuk menangani keluhan umum selama perjalanan. Misalnya obat anti mabuk, sakit kepala, maag, balsem, minyak kayu putih atau obat-obatan lain yang disesuaikan dengan keluhan yang biasa dirasakan masing-masing anggota keluarga.

6 Bawa Keperluan Pribadi
Enjoy selama perjalanan mudik bisa diciptakan dengan membawa barang-barang yang bisa menjadi hiburan kecil. Misalnya memilih kaset favorit keluarga untuk diputar, mainan untuk anak-anak, sampai gadget pribadi seperti MP3, iPod atau walkman, game player yang bisa dinikmati masing-masing anggota keluarga.

pad7  Bawa Bekal Mengemudi
Banyak hal sepele yang perlu di bawa tapi kemungkinan diperlukan. Misalkan peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail. Ini penting ketika menghindari kemacetan di suatu titik. Juga menyimpan nomor-nomor telepon penting untuk layanan umum seperti polisi yang harus dihubungi sewaktu-waktu.

8 Manfaatkan Layanan Mudik
Di sepanjang perjalanan di jalur mudik biasanya banyak dibuka pos-pos pelayanan bagi pemudik. Manfaatkan! Misalnya pos polisi, pemberhentian untuk para driver, layanan gratis cek kondisi kendaraan, sampai tenda-tenda sebagai tempat istirahat yang dibuka berbagai perusahaan yang memberikan penawaran produknya secara gratis.

9 Kontak dengan Keluarga
Tak ada salahnya selalu mengabarkan kondisi dan posisi Anda sekeluarga selama di perjalanan. Selain untuk keluarga yang ditinggalkan juga untuk keluarga yang akan dikunjungi. Juga tak ada salahnya mengabari satpam atau penjaga perumahan/kampung atau tetangga yang bisa Anda hubungi.

10 Patuhi Rambu Lalu Lintas
Kunci selamat di jalan adalah patuh dengan rambu lalu lintas. Perhatikan barangkali ada tanda-tanda baru yang diberikan petugas polisi untuk mengatur lancarnya arus mudik. Waspada kondisi jalan yang biasanya mendadak berubah yang hanya ada ketika musim mudik tiba seperti aksi penggalangan sedekah di jalan atau polisi cepek yang mengatur persimpangan jalanan kecil. Utamakan perjalanan yang aman meski harus bersabar tak mengebut.

11 Manfaatkan Layanan Komunikasi
Selama mudik, radio-radio banyak yang membantu memberikan informasi mudik. Begitu juga layanan perusahaan seluler yang memandu Anda menikmati mudik dengan berbagai informasinya. Tune in saja barangkali ada yang penting yang Anda bisa ambil.

12 Tinggalkan Rumah Seaman Mungkin
Kalau meninggalkan rumah dengan penjaga pastikan ia bisa dipercaya. Pesankan segala yang perlu dilakukan selama Anda pergi. Jika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, maka Anda harus lebih seksama. Cek semua jendela dan pintu terkunci. Tidak meninggalkan alat elektronik menancap pada arus listrik, nyalakan lampu secukupnya, matikan kran air, kompor gas, dan lain-lain. Pesankan pada tetangga, pengurus RT, atau penjaga kampung tentang rencana mudik Anda. Tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. (hpy/hpy)