Menikmati Literasi Menyenangkan di Literaturia Festival

literaturia-festival-1Bagi yang ingin Minggu (2 Oktober 2016) nanti, menikmati event literasi, boleh ikutan di acara bernama Literaturia Festival. Acara itu digagas Surabaya Youth, sebuah organisasi kepemudaan independen di Surabaya. Even yang dilaksanakan di Sub.Co Coworking Space Surabaya ini inginmenunjukkan kepada pemuda Surabaya bahwa literasi merupakan sesuatu yang menarik dan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Apalagi membaca merupakan aktivitas yang bisa dilakukan siapa saja setiap hari. Acara ini tidak hanya melibatkan komunitas dan para penggiat literasi lokal hingga nasional tapi juga Pemerintahan Kota Surabaya. Penggagas sekaligus Ketua Pelaksana Literaturia, Fazrah Heryanda, menuturkan bahwa di Literaturia, anak muda tidak hanya punya tempat untuk bertemu, berbagi dan mengembangkan diri.

Tapi Literaturia membawa anak muda juga bisa menjadi bagian dalam pengembangan Surabaya sebagai kota literasi. Dijelaskannya para peserta bisa mengikuti tiga kelas menulis bersama Hipwee, ZettaMedia, dan Elex Media Komputindo yang dilaksanakan secara paralel serta ruang diskusi bersama Akhyari Hananto selaku Founder GNFI.

literaturia-2“Ada Mutia Prawitasari penulis buku Teman Imaji, Ivana Kurniawati dari Komunitas Pecandu Buku dan Melisa Mariani dari Komunitas Blogger Buku Indonesia. Para peserta juga akan dilibatkan dalam kompilasi digital #AkudanSurabaya yang dapat diunduh di halaman web Zetizen.com,” terangnya.literaturia-1

Salah satu dari rangkaian kegiatan yang paling menarik dalam Literaturia adalah Chatterbus, yang akan memberikan pengalaman baru berkeliling Surabaya sembari berbincang dengan Bernard Batubara, penulis novel Milana, Surat untuk Ruth, dan karya terbarunya yaitu Metafora Padma. literaturia-4“Chatterbus ini jadi salah satu cara untuk membuktikan bahwa kegiatan literasi seperti membaca, menulis, dan berdiskuisi adalah hal yang menyenangkan,” tambah Fazrah.

Selama masa persiapan, Literaturia aktif melakukan kultwit yang diberi tagar #Twittalk bersama dengan beberapa penggiat literasi serta membagikan video interaktif mengenai kesadaran litersi di Indonesia lewat video Play(lit) di kanal Youtube Surabaya Youth.

literaturia-3Salah satu narasumber #Twittalk, Siska Yuanita yang merupakan editor di Gramedia mengatakan jika Literaturia menampilkan sisi-sisi lain yang sering tidak terlihat dalam literature. “Karena buku tak hanya soal membaca dan menulis, tapi ada semesta yang luas disekelilingnya,” katanya. Melalui Literaturia, diharapkan mulai tumbuh kesadaran pada anak muda mengenai pentingnya literasi.

Serta, komunitas-komunitas literasi di Surabaya dapat saling berkolaborasi untuk mewujudkan Surabaya sebagai kota literasi. Seiring dengan waktu, diharapkan Literaturia bisa merintis Surabaya untuk memiliki event literasi sebesar Makassar International Writers Festival, Ubud Writers Festival dan ASEAN Literary Festival. (naskah dan foto: ril/Heti Palestina Yunani)