Mengayuh Derawan, Empat Pulau Terlampaui

derawan1Jika Anda mencari pantai dengan kejernihan air laut yang sempurna, hingga mata telanjang Anda dapat melihat kedalaman dasar laut, mari ikut  saya menjelajah ke Kalimantan Timur. Yang mana? Derawan dulu. Dengan hanya menginjak Derawan, saya bersama Padma Tour Organizer bisa mengajak Anda ke pulau lainnya sekaligus yaitu Sangalaki, Kakaban dan Maratua.

How To Get There?

derawan11Pulau utama yang biasanya dituju oleh wisatawan Nusantara adalah Derawan. Selain pulaunya paling besar, di pulau ini penduduknya paling padat. Sehingga kehidupan lebih terasa riaknya daripada tiga pulau lainnya. Untuk mencapai Derawan, Anda bisa menggunakan jalur Tarakan atau Berau.

Jika Anda melalui Tarakan, perjalanan dilanjutkan dengan boat selama 2,5 jam. Boat ini harus dicarter, jarang sekali ada penyeberangan regular. Jalur ini relatif lebih murah dibandingkan lewat Berau, sebab rata-rata harga tiket pesawat menuju Berau dua kali lipat dari harga menuju Tarakan.

Tetapi memang jalur Berau lebih nyaman. Dari sini Anda bisa melanjutkan perjalanan dari Berau ke Tanjung Batu via darat selama 2 jam. Lanjut Anda harus menyeberang ke Derawan yang ditempuh hanya 30 menit. Dengan pertimbangan harga, saya menyarankan via Tarakan.

What To Do?

  1. derawan17Jika Anda penyuka dunia pancing memancing, hanya duduk di atas dermaga di Derawan, Anda akan menemukan surga. Sebab di bawah dermaga itu ribuan ikan siap menyantap umpan yang Anda lemparkan.
  2. Tetapi mayoritas traveller berkeliling melakukan diving, snorkling. Dive centre selain di Derawan juga tersedia di Maratua. Kalau hanya snorkeling Anda bisa lakukan di bawah penginapan apung atau di sekitar pantai tak jauh dari hotel.
  3. derawan4Yang paling sensasional adalah menyaksikan penyu bertelur. Kegiatan ini hanya bisa dilakukan malam hari, biasanya antara pukul 00.00 hingga 02.00 dini hari. Para marshall akan memberi kode jika mereka menemukan penyu mendarat, lalu tamu-tamu akan diajak bersama-sama menunggui mereka menggali lubang, bertelur, hingga menutup kembali. Hati-hati, gangguan cahaya dapat mengganggu kenyamanan penyu bertelur, begitu pula suara.
  4. Keliling empat pulau dapat dilakukan dalam tempo sehari penuh. Penyeberangan dengan boat yang dicarter bisa sewaktu-waktu sesuai selera pelancong. Antar pulau jarak penyeberangan hanya memakan waktu antara 30-45 menit. Bagi yang ngin bermalas-malasan, berjemur dan berendam dalam pasir putih yang berkilau adalah sebuah pilihan jitu.
  5. Banana boat tersedia di Pulau Derawan. Untuk iseng dan selingan acara beramai-ramai bolehlah dicoba keliling Pulau Derawan dengan banana boat ini. Risikonya, bersiaplah Anda akan dijatuhkan dari perahu menjelang finish. 

Where to Stay?

derawan6Di antara empat pulau, hanya Kakaban yang tidak memiliki penginapan. Di pulau itu Anda hanya bisa snorkeling dan berenang di danau yang banyak di huni ubur-ubur jinak. Sensasi tersendiri ketika Anda berenang sambil bercanda dan memegang ubur-ubur tanpa tersengat.

Dan satu hal lagi, air asin di danau di Kakaban memungkinkan Anda mengambang tanpa perlu pelampung. Sementara di Pulau Sangalaki, hanya menyediakan satu homestay atau resort yang harganya lumayan ajib: sekitar Rp 400-an ribu per kepala. Sementara di Maratua, terdapat dua resort terapung. Menurut kabar, resort ini milik warga Jerman dan Malaysia.  Harganya? Terka sendiri jika yang menginap rata-rata wisman hehe.

derawan18Nah yang paling bersahabat sesuai ketebalan dompet adalah Derawan. Anda bisa memilih tinggal di homestay dengan tarif mulai dari Rp 100 ribu atau hotel melati dengan tarif Rp 300 ribu per malam. Tetapi resort terbaik yang memiliki kamar apung di atas laut, mematok harga hingga Rp 1.250.000 per malam. Dan mohon dicatat: hotel-hotel di sini tidak menyediakan sarapan. Sarapan adalah extra charge.

What to Buy?

Beberapa penjual asongan akan menggelar dagangan di saat Anda kembali dari melaut. Beberapa komoditi yang dijual adalah kerang-kerangan, gelang, gantungan kunci dan beberapa kerajinan dari kulit penyu. Kaos bertuliskan nama-nama pulau bolehlah kita beli sebagai cinderamata. Tapi hati-hati, beberapa komoditi berasal dari Yogyakarta lho. Jadi  hati-hati sebelum membeli. Menawar tetaplah wajib hukumnya.derawan15

What To Eat?

Ada sebuah resto di atas laut yang sekaligus sebagai penginapan, namanya Cafe Dira. Makanan disediakan serba berbumbu dan seafood-nya lumayan nendang. Biasanya sih yang makan di sini rombongan. Tetapi di sekitar pemukiman penduduk tersedia warung-warung yang menyediakan makanan sederhana dan rasanya oke juga.

The Price?

– Banana Boat = Rp 50 ribu per orangderawan16

– Diving = Rp 600 ribu untuk non lisenced diver

– Snorkling = sewa alat tidak termasuk fin = Rp 60 ribu

– Kelapa muda di Kakaban = Rp 15 ribu/butir

– Penginapan antara Rp 100 ribu sd Rp 1.250.000/malam

Nah tetapi jika Anda ingin pergi aman, nyaman dan terurus segalanya, bergabunglah bersama saya di Padma Tour Organizer. Perjalanan tiga hari dua malam harga per orang mulai dari Rp 1,5 juta, tergantung penginapan yang Anda pilih. Enak kan? (naskah dan foto: Wina Bojonegoro/editor: Heti Palestina Yunani)