Memotret Makanan Ala Food Photographer Profesional

Hi PADmakers…

Sering menemukan makanan yang enak dan unik dalam perjalanan Anda? Sayang kan kalau tidak diabadikan dalam bentuk foto dan mengunggahnya ke akun-akun media sosial Anda. Nah, ini ada beberapa tips dari Mamuk Ismuntoro, founder Matanesia, agar foto-foto kuliner Anda setara dengan hasil jepretan food photographer profesional.

  1. Pahami prinsip kamera ponsel, diantaranya ; kamera ponsel memerlukan pencahayaan cukup, perhatikan pencahayaan karena cahaya minim membuat kamera ponsel bekerja ekstra lambat, dan gunakan flash di saat yang tepat karena flash hanya akan membuat pencahayaan menjadi datar.
  2. Bersihkan lensa anda.
  3. Hindari zoom digital.
  4. Perhatikan setting kualitas gambar. Pasang pada kualitas tertinggi.
  5. Pastikan fasilitas peredam / penstabil kamera pada posisi ON.

Kamera pada ponsel-ponsel terbaru biasanya sudah memiliki fitur canggih sehingga mempermudah pemakainya. Jika ternyata pencahayaan masih kurang tepat dan hasil foto kurang maksimal, manfaatkan fitur editing yang ada hingga hasil foto sesuai dengan yang diinginkan. Anda juga tidak perlu memotret seluruh bagian makanan atau minuman. Cukup membidik angle-angle yang sekiranya menarik. Yang perlu Anda lakukan tinggal memperbanyak latihan komposisi agar hasil foto bisa proporsional dan enak dilihat laksana jepretan fotografer profesional. Selamat berlatih…

 

Foto : Mamuk Ismuntoro