Melihat Ketinggian Karimunjawa dari Joko Tuwo

‘Terjebak’ di Surga Karimunjawa (1)

Karimunjawa. Siapa yang meragukan keindahannya? Yang pernah ke sini tentulah ingin kembali. Yang belum pernah, pastilah akan tepesona. Salah satu destinasi wisata itu memang cukup bersahabat untuk para backpacker pemula.

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang memiliki keindahan bahari yang luar biasa. Tidak heran banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Bila Anda adalah bakcpacker pemula yang ingin melakukan perjalanan ke Karimunjawa, ikuti beberapa tips berikut ini;

Cara Menuju Karimunjawa

karimunjawa 5Untuk mencapai Karimunjawa Anda harus menempuh perjalanan laut selama 2 jam dari pelabuhan Kartini Jepara dengan kapal Bahari Ekspress 2 C. Harga tiket kapal ekspress ini adalah Rp 150.000-175.000. Untuk Anda yang ingin berhemat, Anda bisa menggunakan kapal feri Siginjay yang membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan dengan harga tiket Rp 59.000.

Dengan kapal feri ini, Anda bisa membawa kendaraan seperti sepeda motor dan mobil untuk menyeberang. Selain itu Anda juga bisa berangkat dari Semarang menggunakan kapal Kartini dengan lama perjalanan 4 jam dan harga tiket antara Rp 135.000-Rp 155.000. Anda juga bisa naik pesawat perintis dari Semarang dengan jarak tempuh selama 40 menit dan harga tiket Rp 222.000.

Sedangkan dari Surabaya dengan jarak tempuh 75 menit dan harga tiket Rp 349.000. Pesawat tidak disarankan untuk para backpacker karena terlalu jauh dari Kota Karimunjawa dan tidak ada angkutan. Anda bisa coba carter jemputan dengan harga yang bervariasi karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota, yaitu 22 km dengan kondisi jalan yang kurang baik.

Penginapan di Karimunjawa

Begitu Anda tiba di Pelabuhan Karimunjawa ada banyak orang yang menawarkan penginapan. Banyak sekali pilihan. Homestay ala backpacker dibanderol dengan harga antara Rp 80.000-Rp 150.000 semalam.

Fasilitasnya standar dengan kipas angin dan kamar mandi luar/dalam. Tergantung fasilitas yang diinginkan. Untuk kamar dengan AC rata-rata dibanderol mulai dari Rp 200.000-Rp 300.000 per malam. Selain itu juga terdapat hotel dengan harga di atas Rp 300.000-jutaan per malamnya.

Wisata Darat Karimunjawa

Selain wisata bahari, Anda juga bisa menikmati keindahan Karimunjawa dari daratan. Berikut beberapa destinasi darat menarik yang bisa Anda nikmati selama di Karimunjawa:

  1. Bukit Joko Tuwo

Merupakan sebuah bukit di sebelah utara alun-alun yang mana terdapat sebuah fosil ikan paus raksasa yang dinamakan Joko Tuwo. Anda bisa menikmati keindahan kepulauan Karimunjawa dari ketinggian. Untuk naik ke area ini, Anda dikenakan retribusi sebesar Rp 5.000. Anda bisa menikmati keindahaan sunset dari bukit ini.

  1. Dermaga Baru

karimunjawa 2Merupakan dermaga yang digunakan berlabuh kapal-kapal nelayan. Anda juga bisa menikmati sunset yang indah di dermaga ini. Bukit Joko Tuwo dan Dermaga Baru merupakan destinasi yang bisa Anda tempuh dengan jalan kaki. Untuk mencapai kedua tempat tersebut, lebih baik Anda sewa motor dengan harga Rp 75.000/hari karena jaraknya lumayan jauh.

  1. Bukit Love

Merupakan bukit yang terletak di sebelah barat memberikan pemandangan laut yang tidak kalah keren dengan Bukit Joko Tuwo. (naskah: Pandu Aji Wirawan- admin@panduaji.net-http://www.panduaji.net/ foto: Pandu Aji Wirawan-net/editor: Heti Palestina Yunani/bersambung)