Logo Oranye dari Anak Mantu

Love, Art and Journey Membangun Padma (10)

Sebuah bisnis supaya jelas diferensiasinya, maka harus dibuat motto atau slogan. Menurut Wikipedia, logo merupakan merek grafis atau lambang yang biasa digunakan oleh perusahaan komersial, organisasi dan bahkan individu untuk membantu dan mempromosikan diri agar dikenal oleh masyarakat umum. Logo dapat berbentuk grafis (simbol / ikon) atau terdiri dari nama organisasi.

Manusia memiliki KTP atau  identitas, dan salah satu cara termudah untuk membedakan satu manusia dengan manusia lainnya adalah melalui wajah. Begitu pula dengan perusahaan atau bisnis yang saya kembangkan seperti Padma Tour Organizer, logo menjadi salah satu tanda pengenal yang efektif sehingga mudah diidentifikasi  dan diingat orang banyak. Orang cenderung mengingat logo daripada nama perusahaan atau produknya.

Hal ini juga memberikan manfaat tambahan, sebagai merek perusahaan logo dapat membantu meningkatkan penjualan item produk atau portofolio baru perusahaan karena pelanggan dapat mengasosiasikan kualitas produk yang telah dikenal masyarakat luas dengan kualitas produk baru menggunakan logo yang sama.

Sebuah logo dapat menyampaikan lebih banyak dalam membedakan produk dari para pesaing, dan tentu saja menarik pelanggan dari pandangan pertama. Dari brain stoarming dengan crew di kantor yang hanya dua orang, akhirnya terciptalah logo bergambar teratai. Logo pertama itu dibuat oleh Gita Pratama yang saat itu belum bergabung dengan Padma Tour Organizer.

Sesuai namanya Padma yang artinya teratai atau lotus. Filosofi bunga teratai atau padma adalah: bunga ini selalu indah dan mekar dengan percaya diri meskipun hidup di dalam comberan. Ia menonjol dan nampak selalu indah, meski yang diserapnya adalah media yang kotor, output-nya selalu yang terbaik. Kami pun ingin menjadi seperti teratai.

Pada tahun ke dua, kami mendapat kiriman kebaikan hati dari partner kerja yang selama ini membantu banyak kegiatan Padma Tour Organizer, Agung Sapto Utomo. Ia yang kini menjadi menantu untuk anak pertama saya itu dengan sukarela membuatkan kami logo baru. Logo ini dominan warna oranye.

Itu sesuai identity color Padma Tour Organizer sejak awal. Beberapa orang bertanya: mengapa suka warna oranye? Inilah jawabannya. Warna oranye merupakan perpaduan dari warna merah, yang memancarkan energi besar, dan warna kuning, yang berhubungan dengan kebahagiaan. Warna oranye memiliki arti yang sering dikaitkan dengan kegembiraan, kebahagiaan, kehangatan, panas, dan sinar matahari.

Ia perlambang antusiasme, sukses, kreativitas, penyemangat, kesehatan, stimulasi, lucu, menyenangkan, keseimbangan, ekspresi dan kekaguman. Warna oranye menularkan kondisi prima dan energi positif ke sekitarnya, sehingga seseorang dapat cepat pulih dari kekecewaan dan hati yang terluka. Adanya unsur agresif dari warna merah yang ditahan dengan kelembutan yang berasal dari warna kuning.

Itulah mengapa warna orange menyiratkan nilai keseimbangan. Ada yang berkata bahwa orang-orang yang menyukai warna orange adalah mereka yang kaya akan ide-ide baru, serta mereka yang berhati tulus. Nah, kece kan? That’s why I love orange. (naskah dan foto: Wina Bojonegoro/editor: Heti Palestina Yunani/bersambung)