Kangen Pukulan Dok Dok Sotong Pangkong

sotong pangkong 6-miniatur tugu khatulistiwa di alun-alun kapuasDok dok dok dok. Suara pukulan keras yang terdengar di area Tugu Khatulistiwa Mini Taman Alun-Alun Kapuas, Pontianak itu bisa jadi mengagetkan siapa saja. Lebih-lebih Anda yang baru pertama kali menjejakkan kaki di ibukota Kalimantan Barat itu.

sotong pangkong 1Coba deh dengarkan dulu. Biasanya suara itu bersahut-sahutan sampai terkadang menghasilkan alunan nada. Selain suara pukulan dari palu, biasanya itu dibarengi dengan asap harum nan gurih. Dari jauh asap itu mengepul dan tercium semua orang.

Ya, itulah suara dari penyajian sotong pangkong, makanan khas Pontianak. Penikmat sotong pangkong kerap memakannya setelah puas menyusuri Sungai Kapuas. Sambil melihat air mancur di sebelah Tugu Khatulistiwa Mini di Taman Alun-Alun Kapuas, sotong pangkong memang enak disantap. kapal yang membawa berkeliling sungai kapuas

Di salah satu lokasi wisata Pontianak, tugu di tepian Sungai Kapuas yang dibangun di atas tanah 3 hektaritu jadi lokasi wisata kuliner ternama di kota itu. Area itu biasanya ramai di atas pukul 5 sore. Nah di situlah banyak sekali didirikan lapak-lapak sederhana hingga ke pinggir jalan yang menjual sotong pangkong.

Dari jauh terlihat mengantung sotong atau juhi kering di dalam kotak kaca. Sotong kering itu disusun rapi berdasarkan ukurannya. Ada ukuran kecil hingga besar yang menentukan besarnya harga jual sotong. Rata-rata harga berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 40 setiap ekornya.

sotong pangkong 7-pedagang makanan di alun-alun kapuasTak hanya sotong pangkong, di sini juga banyak penjual makanan lain. Bahkan pecel Madiun atau kerak telor Betawi, ada. Belum termasuk aneka barang khas kaki lima. Taman ini juga cantik berhias lampu warna-warni. Jika Minggu malam, taman itu digunakan sebagai gedung bioskop. Tidak hanya memutarkan film tapi juga pertandingan bola.

Kembali soal sotong pangkong, mau tahu apa itu? Pangkong dalam bahasa Indonesia berarti pukul. Jadi sederhananya, sotong yang dipukul-pukul. Sotong pangkong biasanya disingkat jadi sopang. Dulunya makanan ini hanya hadir di bulan Ramadan, tapi sekarang tidak. Kapanpun mudah dicari.

sotong pangkong 2-penjual dan gerobak sotong pangkongPerlengkapan yang digunakan para pedagang sotong pangkong, sungguhlah sederhana. Bermodalkan meja ukuran 1 meter mereka menggantung sotong kering di almari kaca. Sebuah kaleng bekas biskuit diisi arang bakar dipakai untuk membuat api. Di atasnya ditaruh jaring besi untuk memanggang.

Yang pasti adalah balok atau papan kayu. Juga palu untuk memangkong (memukul) sotong. Di halaman depan ruko atau pinggiran trotoar yang tutup, sering digelar begitu saja karpet dan meja-meja kecil untuk duduk lesehan. Di atas meja, biasanya sudah disiapkan mangkuk kecil untuk menuangkan cocolan.

Selain perlengkapannya sederhana, cara membuat sotong pangkong juga tak kalah mudah. Sotong dibakar di atas arang sambal dikipas tangan. Tanda matangnya bisa dari aroma sedap yang keluar. Setelah itu sotong dipukul menggunakan palu hingga berserabut menjadi lembut, bbarulah  dihidangkan.

sotong pangkong 5Cara menyajikannya simpel. Biasanya ada dua jenis cocolan tersedia. Satu cocolan berupa sambal encer terdiri dari cuka, cabe dan bawang putih dengan aroma ebi. Satu cocolan lagi berupa sambal kacang.

Sebenarnya makanan ini dijual sebagai camilan setelah berbuka puasa sembari menunggu waktu tarawih tiba. Dulu baik penjual dan pembeli didominasi anak-anak. Namun sekarang semua kalangan tampak duduk santai di lapak pinggir jalan atau di aera taman untuk menikmati makanan khas ini.

sotong pangkong 4-penjual sotong pangkong di pinggir jalanSaking popularnya, penjual sotong pangkong makin banyak. Bisa jadi sudah mencapai ratusan pedagang. Mereka tak hanya terlihat di sekitar taman atau sepanjang tepian Sungai Kapuas. Yang terbanyak bisa dilihat di sepanjang Jl Merdeka.

Sebagian pedagang ini ada musiman namun ada juga yang tetap berjualan sepanjang hari. Eloknya, walaupun jarak antar lapak ke lapak lainnya berdekatan, tidak ada perebutan pelanggan. Pengunjung bebas mau mampir dan menikmati sotong pangkong di lapak yang mana.

Ada yang bilang makanan ini merupakan pengobat kangen bagi perantau saat kembali ke Pontianak. Bahkan jajanan khas ini kini membuat Kota Pontianak punya sebutan baru sebagai Kota Sotong Pangkong Melayu. Jadi puat pelancong seperti Anda, menikmati sotong pangkong rasanya wajib. (naskah dan foto: Dany Prayudi/Heti Palestina Yunani)