Jangan Siakan 9 Kuliner Khas Gresik Ini

Gresik tergolong kota pesisir yang ramai karena menjadi tempat pertemuan berbagai macam kebudayan yang menghasilkan cita rasa unik. Selain masakan yang dibawa oleh para pendatang, Gresik juga tersohor dengan olahan ikannya yang lezat tiada dua. Melancong ke Gresik tak akan lengkap bila belum menikmati hidangan yang pasti jarang kita jumpai di kampung lain. Sebab kesembilan kuliner dari Gresik ini memang sangat khas. Jadi, please jangan sia-siakan makanan lezat ini ya kalau sedang berkunjung ke Kota Santri?

  1. Sego Krawu

sego krawuSiapa tak jatuh cinta pada kuliner yang satu ini? Resep yang dibawa oleh pendatang asal Madura lalu diwariskan secara turun temurun dan berhasil menjadi buah bibir di mana-mana. Hangatnya nasi putih nan pulen disandingkan dengan lauk daging suwir, babat usus, lengkap dengan serundeng dua warna serta sambal petis yang juara. Sego Krawu lazim disajikan dalam pincuk daun pisang agar nikmatnya tetap terjaga. Meski rumah makan yang menjual Sego Krawu sudah menjamur di kota-kota besar, tentu tak ada yang senikmat Sego Krawu racikan ‘chef’ handal keturunan asli Madura.

  1. Pudak

Dari wujudnya mungkin tak banyak orang yang tertarik. Tapi, kuliner satu ini juga merupakan primadona PudakKota Santri. Pudak yang berbungkus pelepah pohon aren terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Memiliki aroma serta rasa yang khas. Manis, gurih, dan lembutnya sering menyapa lidah kita di berbagai acara sebagai suguhan.

  1. Jenang Jubung

Jubung Si hitam manis bertabur wijen yang lengket saat digigit ini adalah jenis jenang paling digemari dibanding yang lain. Wadahnya yang unik terbuat dari pelepah pohon aren yang dibentuk seperti mangkuk-mangkukan kecil. Jubung biasa dipasangkan dengan pudak sebagai suguhan acara atau selamatan.

  1. Bongko Kopyor

bongko kopyorKuliner satu ini hanya dapat dijumpai saat bulan Ramadhan. Biasanya dibuat oleh warga Mengare, Manyar, dan Sidayu yang dijual pedagang kaki lima di pasar takjil sekitar Gresik Kota Baru. Bongko Kopyor berisi potongan roti tawar berkualitas, pisang raja, serutan daging kelapa muda, mutiara, kemudian dibungkus daun pisang. Cita rasa yang manis, legit, dan segar pasti menggugah rindu pada kampung halaman.

  1. Lontong Roomo

lontong romoSekilas tampilannya mirip bubur sumsum berwarna oranye dan bertabur koya dari kelapa sangrai. Disebut lontong Roomo karena kuliner ini awalnya dibuat oleh warga Desa Roomo, lalu dijajakan keliling kampung. Tak seperti kuliner yang lain, lontong Roomo agak sulit ditemukan lantaran tak banyak yang menjual. Makanan yang biasa dijajakan di seputaran pasar lama ini berisi nasi atau lontong dilengkapi rebusan sayur kangkung, kecambah, dan kacang panjang, disiram bubur berwarna oranye yang terbuat dari tepung beras, santan, udang, bawang putih, serta cabai. Agar lebih nikmat, sepincuk lontong Roomo diberi kremesan kerupuk rambak, koya, serta sambal pedas di atasnya.

  1. Keropok Bandeng

bandeng keropokGresik yang terkenal sebagai penghasil bandeng paling gurih juga memiliki kuliner surga bernama keropok bandeng. Sebetulnya tidak ada yang aneh dari bandeng yang dibakar lalu disantap bersama dengan sambal. Menjadi berbeda karena komposisi sambalnya yang terbuat dari petis ikan asli Gresik dicampur kecap manis serta jeruk limau. Pak Elan adalah salah satu rumah makan yang menjual keropok bandeng paling nikmat.

  1. Ndog Bader

ndog baderKuliner sejuta umat yang sangat digemari masyarakat Gresik ini mudah dijumpai di pasar ataupun warung makan. Terbuat dari telur ikan bader yang banyak dibudidayakan oleh penambak Gresik, kemudian dihaluskan lalu digoreng setelah dicampur bawang, cabai, dan kocokan telur ayam. Setelah adonan dicampur jadi satu, dibungkus daun pisang dibentuk ala lontong lalu dikukus. Ndog bader enak dimakan dengan nasi hangat saja.

  1. Kopi Gresikan

20140117_202536-1Bercerita tentang Gresik tentu tak lengkap bila tanpa menyenggol budaya cangkruk dan ngopi. Secangkir kopi bagi warga Gresik adalah wujud kerukunan, kebersamaan, serta keseimbangan. Kopi Gresikan banyak dijumpai di warung kopi. Warung kopi ini tak hanya sebagai tempat nongkrong bersama teman, tapi juga ajang bertukar pikiran, informasi, serta transaksi bisnis. Sayang, hanya para laki-laki lah yang dominan terlihat cangkruk di warung kopi di pinggir-pinggir jalan di Kota Gresik. Yang cewek sih boleh saja cangkrukan sambil minum kopi tapi pemandangan ini jarang terlihat.

  1. Legen

Minuman asli Gresik ini berasal dari air nira siwalan yang disadap. Rasanya manis campur asam, dipercaya mampu mengobati batu ginjal. Apalagi kalau sudah diminum dengan es, aduh segarnya. (naskah dan foto: Puput Palipuring Tyas/hpy)