Jangan Lupa Cicip Pesto di Riomaggiore

cinque 2 riomaggioreDesa pertama yang bisa kita kunjungi dalam perjalanan kali ini adalah Riomaggiore. Kapan pun mau ke sana, gampang karena kereta api berangkat setiap satu jam sekali. Untuk bisa naik kereta, Anda bisa memesan tiket online atau langsung membeli di ticket box TrenItalia. Harganya 13 Euro per sekali jalan dari Stasiun Santa Maria Novella, Florence menuju La Spezia Centrale.

Dari stasiun La Spezia Centrale inilah kita akan menikmati perjalanan ke desa pertama Cinque Terre yaitu Riomaggiore yang hanya 10 menit dengan kereta lokal seharga 2,70 Euro. Pihak TrenItalia biasanya menyediakan tiket yang berlaku selama 24 jam di Cinque Terre seharga 12 Euro. TIket itu khusus bagi turis yang berencana mengunjungi lima desa dalam satu hari.

Dengan tiket ini, kita sebagai turis akan lebih diuntungkan. Selain jatuhnya lebih murah keunggulan lain dari membeli tiket one day pass ini adalah bisa hiking dari Vernazza ke Monterosso Al Mare. Pengalaman saya, setelah mendaki selama satu jam dan hampir sampai di Monterosso Al Mare, saya bertemu dengan petugas yang rutin memeriksa tiket kereta api.

Berhubung saya hanya membeli tiket sekali jalan, petugas mewajibkan saya  membeli tiket 7 Euro untuk meneruskan perjalanan. Tapi saya tidak menyesal sama sekali menambah uang segitu mengingat selama perjalanan saya disuguhi pemandangan indah, langit biru dan warna bangunan yang kontras dari atas bukit tentunya.Semuanya sayang untuk dilewatkan.

cinque 10 monterosso al mareApalagi bagi para pecinta fotografi atau pemilik akun Instagram, Cinque Terre menjanjikan banyak objek menarik. Oh ya, jangan lupa untuk mengambil jadwal kereta api yang disediakan gratis bagi turis karena sayangnya kereta yang berhenti di setiap desa tidak regular. Jadi walaupun sebenarnya jarak dari satu desa ke desa yang lain cukup dekat tapi tidak memungkinkan dicapai dengan berjalan kaki.

Desa Riomaggiore adalah perhentian pertama di Cinque Terre. Tempat ini memiliki banyak pilihan akomodasi mulai dari hostel seharga 20 Eero per malam, guest house hingga apartment hotel dengan  harga mulai dari 50 Euro per malam.

Jika mengambil tiket dua hari, Anda lebih baik menginap di Riomaggiore. Sebab tidak ada penginapan murah di kelima desa ini, Tetapi yang paling murah hostel sekitar 25-30 Euro ada di Riomaggiore.

Riomaggiore cukup padat dan ramai  mengingat mayoritas turis yang memilih tinggal di sana dan aktivitas keseharian penduduk lokal sebagai nelayan, pengelola hotel, restoran dan kafe. Jalan-jalan sore di Riomaggiore paling enak sambil makan calamari yang dicampur dengan kentang goreng dan ikan dijual seharga 5 Euro per bungkus.

Atau pesan saja pizza untuk di-take away agar bisa dimakan di pinggir pantai sambil menikmati sunset. Soal kuliner Cinque Terre jagonya. Kota ini terkenal dengan seafood dan pesto. Walaupun pesto berasal dari Genoa, namun Cinque Terre juga memproduksi pesto yang kualitasnya tidak perlu diragukan.

Jadi pastikan selama berlibur di sana Anda harus mencoba mencicipi pasta pesto, pizza pesto, dan jenis makanan apapun yang menggunakan pesto. Dijamin yummy. (naskah dan foto: Gyscha Rendy/editor: Heti Palestina Yunani/bersambung)