Jangan Batal Liburan di Musim Hujan

Tanggal merah adalah tanggal yang ditunggu-tunggu pagi para traveller. Tapi tanggal merah tak mengenal musim. Dia dapat datang kapan saja, termasuk di musim hujan. Perubahan iklim secara global membuat kita harus cermat dalam menyusun rencana liburan, termasuk di musim hujan. Jika curah hujan masih tinggi, apakah liburan yang kita rencanakan terpaksa batal? Tentu tidak. Banyak cara yang dapat kita lakukan agar liburan tetap menyenangkan meski hujan masih saja datang. Apa saja itu?

  1. Alihkan destinasi wisata. Jika biasanya kita berwisata alam, baik ke pantai atau gunung, mengapa kali ini kita tidak mencoba destinasi wisata budaya. Coba datangi museum, pengrajin batik, galeri lukisan, atau tempat-tempat seni budaya lainnya yang bisa dinikmati meski hujan mengguyur.
  2. Dingin membuat perut mudah lapar. Wah, ini kesempatan bagus untuk belajar memasak masakan tradisional dengan resep otentik. Datangi tempat pembuatan makanan tradisional yang seringkali masih memakai kayu bakar. Aroma kayu terbakar, berpadu dengan bau tanah yang basah oleh air hujan dijamin akan menempel kuat di ingatan Anda.
  3. Bercocok tanam. Iya, ini adalah saat yang tepat untuk mengajak putra-putri Anda belajar menanam tumbuhan yang bermanfaat. Tunggu saat cuaca agak cerah baru pegang cangkul dan peralatan bercocok tanam lainnya, dan biarkan tanaman-tanaman itu bersemai bersama derasnya air hujan.
  4. Berhujan-hujanlah. Nikmatilah guyuran hujan, entah itu di bawah payung mengembang atau gunakan jas hujan murah meriah yang dapat dibeli di pinggir jalan atau pasar. Jangan bayangkan diri Anda akan sakit setelahnya. Bayangkan Anda sehat dan bahagia, maka air hujan tak ubahnya guyuran shower saat kita mandi sehari-hari.

Musim hujan memang tidak dapat kita hindari, namun masih bisa kita nikmati. Tapi ingat, jika cuaca sangat ekstrem seperti hujan badai dan petir menyambar, tetaplah berada di dalam rumah atau penginapan sambil menikmati secangkir teh hangat dan membaca buku favorit yang mungkin selama ini masih tersegel rapi di rak buku Anda.