Hening, Tenang, Ramah, Hangat Sejak Mula

Menginap di Suarapura Resort & Spa Bali (1)

Ingin mencari ketenangan dengan atmosfer yang berbeda? Desa Sebatu adalah salah satu pilihan yang dapat dimasukkan ke dalam list selama Anda mengunjungi Bali. Sebatu adalah sebuah desa yang keindahannya tak diragukan lagi. Menurut saya, Desa Sebatu lebih dari sekadar menawarkan keindahan.

Seperti desa-desa di Bali, Sebatu adalah desa dengan budaya Bali yang sangat kental, mayoritas masyarakatnya yang merupakan asli Bali masih sangat teguh memegang tradisi. Hal ini terlihat dari aktivitas masyarakat yang bersifat religius.

Suarapura-Ini loh valley view-nya Suarapura resort & spaSelain itu, di desa Sebatu ini juga terdapat beberapa objek wisata yang sifatnya suci dan digunakan sebagai tempat Melukat. Apa sih Melukat? Melukat adalah sebuah ritual dalam agama Hindu, khususnya di Bali yang tujuannya adalah untuk membersihkan diri baik jiwa maupun pikiran.

Nah, salah satu tempat Melukat yang terkenal di Desa Sebatu ini adalah Pura Gunung Kawi. Tetapi kali ini saya tidak akan membahas mengenai Pura Gunung Kawi ini karena saya belum berkesempatan mengunjunginya.

Balik lagi, ke Desa Sebatu, mengapa saya sangat tertarik mengunjungi desa ini karena banyak hal. Desa ini punya keindahan, ketenangan, kaya akan budaya, dan nuansa spiritual yang begitu kental. Satu hal lagi adalah karena keberadaan sebuah resort-nya.

 Kenapa? Jujur, saya sangat terkesan dengan resort tersebut karena sangat berbeda dan menawarkan lebih dari sekadar sebuah penginapan. Namanya Suarapura Resort & Spa yang berlokasi di Desa Sebatu. Lokasinya pun tak jauh dari Pura Gunung Kawi, sehingga nuansa spiritual masih sangat kental terasa.

Mengapa saya memilih Suarapura? Tentu saja karena fasilitas yang ditawarkan tak perlu diragukan lagi. Apa yang mereka berikan selama saya berada di sini lebih dari sekadar itu. Jika Anda mencari sebuah value, maka resort ini patut Anda masukkan dalam list jika mengunjungi Bali, lebih khusus kalau ke Desa Sebatu.

Oke, saya akan membahasnya satu persatu value apa yang saya dapatkan ketika menginap di resort ini. Pertama saya membahas dari segi lokasi. Terletak tak jauh dari Ubud, Tegallalang, Suarapura dapat dijangkau sekitar 30 menit dari Ubud dengan berkendara jika tidak macet.

Ada patokan mudah menuju Suarapura karena kebetulan letaknya yang berdekatan dengan Genah Melukat Sebatu. Di sana ada pertigaan. Dari situ, Anda akan menjumpai petunjuk berupa plang nama Suarapura Resort & Spa. Dari Genah Melukat ini ikuti saja petujuk plang jalan tersebut. Sekitar 300 meter berjalan kaki, maka Anda tiba.

Begitu tiba, langsung suasana hening dan tenang menyambut saya. Suara angin yang berpadu dengan gesekan dedaunan bambu menambah kedamaian di hati. Staf dari front desk, keramahan pun menyambut. Justru dari desain lobinya saja saya sudah jatuh hati. Unsur kehangatan begitu terasa di sini.  (naskah dan foto: Yenny Fyfy/editor: Heti Palestina Yunani/bersambung)