GOUT DE FRANCE; Kuliner Sehari Ala Prancis

Penasaran dengan kuliner ala Prancis? Atau mau merasakan fine dining dengan nuansa Prancis? Kini tidak perlu repot pergi ke Prancis hanya untuk menikmati masakan Prancis yang délicieux. Kedutaan Besar Prancis akan menggelar acara berjudul Goût de France atau bisa disebut Good France pada tanggal 19 Maret 2015 besok. Acara ini serentak diselenggarakan di 150 negara di seluruh dunia yang diikuti lebih dari 1300 restoran. Kedutaan Besar Prancis akan mempersembahkan makan malam bagi masyarakat setempat dalam rangkan merayakan gastronomi Prancis dan nilai-nilai kebersamaan yang terkandung di dalamnya. Acara ini sebelumnya dipelopori oleh chef terkemuka asal Prancis bernama Alain Duccase bersama Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Republik Prancis.

Sejak tahun 2010, sajian gastronomi Prancis masuk dalam Daftar Warisan Dunia Tak Benda UNESCO. Warisan ini bukan sekadar untuk dibanggakan, tetapi untuk terus menjadi pijakan pengembangan dan penyebarluasan ke seluruh dunia. Good France/Goût de France terinspirasi oleh acara “Diners d’Epicure” (Epicurean Dinners) yang diprakarsai oleh Auguste Escoffier pada tahun 1912 yaitu perhelatan makan bersama dalam satu hari dengan menu yang sama di sebanyak mungkin kota dan sebanyak mungkin jamuan.  Ide inilah yang dibawa dengan melibatkan restoran-restoran di seluruh dunia. Perjalanan gastronomi ini menandai dua aspek penting dalam budaya Prancis yaitu mempromosikan kekhasan lokal dan keterbukaan pada dunia.

Hal ini menjadi sebuah kesempatan untuk berbagi nilai yang dipegang erat oleh masyarakat Prancis yaitu keramahan dan penghormatan pada bumi dan seluruh sumber daya yang dikandungnya, serta tentu saja kesenangan. Gastronomi kini menjadi aspek utama bagi Prancis dan budayanya yang juga menjadi daya tarik bagi 60% turis yang mengunjungi Prancis. Dalam Good France/Goût de France, nantinya setiap chef akan punya menu andalah khusus yang disajikan untuk para tamu, mengingat acara ini memberi kebebasan untuk mengangkat tradisi kuliner dan seni budaya masing-masing. Dan tiap chef akan menawarkan sajian ala Prancis di restoran masing-masing dengan urutan sebagai berikut:

  1. Makanan pembuka dingin
  2. Makanan pembuka panas
  3. Sajian ikan atau kerang
  4. Sajian daging atau ayam
  5. Keju Prancis
  6. Makanan pencuci mulut dengan sentuhan cokelat
  7. Anggur Prancis dan aneka makanan penutup lainnya

Sedangkan untuk harga, tiap restoran akan menentukan sendiri harga dari sajian yang ditawarkan. Namun semua dihimbau untuk mendonasikan 5% dari seluruh proses untuk disumbangkan pada NGO lokal yang aktif mempromosikan kesehatan dan lingkungan. Di Indonesia, Good France/Goût de France hadir di 10 restoran di beberapa kota antara lain5 restoran di  Jakarta, 1 restoran di Yogyakarta, 1 restoran di Bali, dan 3 restoran di Surabaya. Daftar restorannya bisa di cek di sini. Informasi selengkapnya: IFI Indonesia Good France. (naskah dan foto: ifi/hpy)