Dua Hari Full Demi Sunset di Grand Canyon

DSC08413Arizona adalah sebuah state di ujung barat selatan Amerika Serikat. Hampir seluruh bagian wilayah state ini berada di Gurun Sonoran yang membuatnya dikaruniai keindahan alam yang begitu menawan salah satunya yang paling tersohor adalah Grand Canyon. Dalam bahasa Indonesia, canyon diartikan sebagai jurang atau ngarai.

Canyon terjadi abikat kikisan air serta erosi selama ribuan atau bahkan 5 hingga 6 juta tahun yang lalu seperti yang  dialami oleh Grand Canyon. Sebagai salah satu dari Seven Wonders of the Natural World, Grand Canyon adalah atraksi wisata nomor satu di Arizona yang mendatangkan kira kira lima juta wisatawan dari seluruh dunia.

Mengalir di bawahnya adalalah sungai Colorado sepanjang 2.250  km yang juga aktor utama terbentuknya canyon ini. Grand Canyon memiliki panjang  446 km yang terletak di sebelah utara Arizona dekat dengan perbatasan Utah dan Nevada. Tak heran dengan luasnya tersebut, Arizona punya julukan lain yakni The Grand Canyon State.

Berada di ketinggian sekitar 2.100 meter, Grand Canyon terbagi atas dua bagian yaitu South Rim dan North Rim. South Rim dibuka setiap hari setiap tahunnya sedangkan North Rim dibuka pada pertengahan Mei hingga Oktober. Yang paling banyak dikunjungi ialah South Rim. Jarak antar rim tersebut sekitar 6 hingga 29 km. Eloknya, di tengahnya terdapat jurang menganga sedalam lebih kurang 2 km.

DSC08426Dengan mata telanjang, bisa terlihat lapisan lapisan batu yang terukir secara alami. Tiap lapisan menggambarkan umur dan warna yang berbeda beda. Jadi inilah yang membuat siapa saja terkesan, apalagi kalau memandanginya di kala menunggu sunset, Anda dapat melihat cahaya matahari yang menerpa menimbulkan warna canyon tersebut tampak berbeda dan berwarna warni.

Saking indahnya, sulit untuk mendeskripsikannya jika tak melihat langsung salah satu keajaiban alam ini. Selain dapat dinikmati dari pinggiran canyon, pengunjung juga dapat hiking ke bawah dengan mengantongi izin. Tetapi jangan main-main karena untuk melakukannya dibutuhkan waktu, tenaga, dan fisik yang sehat.

Bayangkan saja Grand Canyon mempunyai kedalaman 1,6 km dan jika kita lihat dari atas, maka tidak akan sampai untuk melihat hingga ke dasar jurang. Waktu yang dibutuhkan untuk hiking hingga ke dasar canyon adalah satu harian penuh dan ditambah harus menginap di dasar tersebut sambil menunggu keesokan harinya kembali hiking ke atas. Total, kita membutuhkan dua hari full untuk dapat menjelajahi Grand Canyon luar dalam dan atas bawah.

 How to get there

1604389_10152101687759854_1940367181_nCara yang paling nyaman tentu saja menggunakan mobil, baik itu pribadi ataupun sewaan. Jika dari Phoenix, ibukota Arizona dapat menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam. Untuk transportasi umum, yang tersedia adalah naik Grand Canyon Railway namun hanya sampai ke kota terdekatnya yakni Williams. Sedangkan untuk bus Grayhound dan kereta AMTRAK mereka hanya punya rute hingga ke Flagstaff, selebihnya harus menyewa shuttle/taksi kembali. Cara terakhir yang paling simpel adalah menggunakan jasa tur ke Grand Canyon. Sesampainya di Grand Canyon, menginaplah di salah satu tempat penginapan di Grand Canyon Village agara dapat menggunakan free shuttle system untuk mengunjungi South Rim Grand Canyon setiap saat.

 Tiket Masuk

Menggunakan mobil pribadi = USD 25. Ini sudah termasuk biaya tiket masuk penumpang di mobil tersebut.

What to buy

kachina - boneka khas suku indianDi sekitar Grand Canyon, terdapat contoh rumah Suku Indian Hopi yang terbuat dari tanah merah dan berbentuk kotak. Tak heran salah satu oleh-oleh yang dapat dibeli di Grand Canyon rata-rata adalah barang-barang hasil kerajinan Suku Indian Hopi yang beraneka macam, seperti Kachika, boneka khas Suku Indian Hopi. Sebagai penduduk asli dan pertama yang mendiami Amerika Serikat, suku ini telah bermukim di Grand Canyon sejak 800 tahun lalu. Hingga saat ini, Grand Canyon tetap merupakan salah satu tempat keramat yang mereka hargai.

Tips and Trik

  1. Selalu bawa ekstra jaket untuk menangkal dingin dan cuaca yang tiba-tiba saja dapat berubah. Suhu rata rata di kala summer adalah 10-30 C sedangkan di kala winter mencapai -7 – 10 C.
  2. Membawa minuman sendiri dan sering seringlah minum. Udara yang kering dan dingin di Grand Canyon membuat kita merasa tidak haus tetapi sejatinya bisa saja tubuh telah dehidrasi karena keadaan cuaca.
  3. Berhati hatilah jika berdiri di pinggir canyon agar tidak tergelincir dan tidak terjatuh ke bawah. Tidak semua area dipagari pembatas. (teks dan foto: Lenny/editor: Heti Palestina Yunani)