Dipandu Warga Menuju Grojokan Sumber Pitu

grojogan-pitu-5Namanya saja Grojokan Sumber Pitu, jumlahnya memang tujuh (pitu). Yang tujuh itu adalah air sumber air terjun (Grojokan Sumber). Pemandangan tujuh air terjun itu ada di Pujon Kidul, sebuah daerah di Kota Wisata Batu, Kabupaten Malang.

Di saat daerah Kota Wisata Batu mulai dieksplor dan dipercantik oleh pemerintah setempat, Pujon Kidul juga menyimpan salah satu pesona alami yaitu Grojokan Sumber Pitu itu. Di situlah, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang lain dari biasanya.

grojogan-pitu-2Jika air terjun pada umumnya hanya ada satu sumber air yang terjun mengalir ke bawah, kalau Grojokan Sumber Pitu ini ada tujuh sekaligus. Inilah uniknya. Bagaimana untuk menuju ke Grojokan Sumber Pitu? Pertama, dari alun alun Batu Anda pilih menuju ke arah Kecamatan Pujon.

Sampai di Kecamatan Pujon kita akan menjumpai perempatan kecil, ikuti arah kiri menuju Jl Arjuno. Masuk Jalan Arjuno, ikuti saja jalan beraspal sampai ujung dan anda akan bertemu plang penunjuk ke arah Pujon Kidul (arah kanan). Ikuti terus ke arah ke Pujon Kidul, maka sekitar 2 kilometer kemudian Anda menjumpai plang penunjuk ke arah Desa Tulung Rejo.

Dari sini arahkan perjalanan menuju Desa Tulungrejo sampai Anda bertemu pos lapor perizinan masuk ke Grojokan Sumper Pitu. Anda cukup membayar tiket masuk Rp 15 ribu, termasuk parkir dan asuransi.

grojogan-pitu-4Dari pos perizinan sampai ke Grojokan Sumber Pitu memakan waktu kurang lebih 2 jam. Perjalanan dimulai dari melewati ladang warga, diteruskan melintasi jalan menanjak ataupun menuruni jalan dengan lembah curam di samping kiri-kanan. Sepanjang perjalanan, mata akan disuguhkan jajaran pergunungan yang indah.

Banyak jalan bercabang untuk menuju Grojokan Sumber Pitu. Tapi tenang di setiap beberapa meternya ada tanda sebagai petunjuk jalannya. Warga juga tak segan memberi informasi tentang keadaan jalan yang akan kita lalui atau kondisi Grojokan Sumber Pitu.

grojogan-pitu-3Tips buat yang ke sana; gunakan sandal outdoor atau sepatu hiking agar nyaman sepanjang perjalanan. Bawa perbekalan dan air mineral secukupnya agar agar tak dehidrasi atau kelaparan di tengah perjalanan. Oh iya 50 meter sebelum sampai di Grojokan Sumber Pitu, ada aliran dari air terjun Coban Tunggal yang jernih dan bening airnya bisa langsung diminum.

Tapi jangan memaksakan diri jika hujan maupun cuaca sedang tak mendukung, karena jalan di sini rawan longsor juga berbahaya. Yang tak kalah penting, bawalah kantung sampah untuk mengangkut sampah kembali, agar alam ini tetap lestari. (naskah dan foto/Fissabil Adam AP/Heti Palestina Yunani)