Dengan Kereta, Sehari Lampaui Semua Desa

Menikmati Lima Desa di Cinque Terre (1)

cinque 4 vernazzaSesuai namanya Cinque Terre memang terdiri dari lima desa. Nah lima desa itulah yang harus Anda lihat semuanya jika ke sini. Sebagai kota wisata favorit di Italia, Cinque Terre adalah salah satu destinasi favorit liburan musim panas.

Kota ini menawarkan tidak hanya beragam kuliner khas Italia. Tetapi Cinque Terre juga menarik dengan pantai eksotis, serta keragaman seni dan budaya. Bangunan-bangunannya khas dengan warna-warni yang menunjukkan karakteristik unik. Semua itu Anda bisa temukan di lima desa Cinque Terre.

Semuanya sudah saya singgahi. Ada Desa Riomaggiore, Desa Manarola, Desa Corniglia, Desa Vernazza dan Desa Monterosso Al Mare. Desa-desa cantik itu berdiri di tepi karang-karang terjal di tepi Laut Mediterania. Kelimannya telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO karena keunikannya.

Meski berpredikat khusus seperti itu, sayangnya Cinque Terre jarang dimasukkan dalam rute wisata biro perjalanan Indonesia yang menawarkan destinasi Eropa. Umumnya hanya negara- negara dan kota-kota besar dan terkenal saja yang ditawarkan seperti dua kota di Italia lainnya yang lebih terkenal seperti Pisa dan Milan.

Sebaliknya jika sudah mencapai kedua kota tersebut, wisatawan jarang untuk mengunjungi tentang Cinque Terre. Padahal Pisa terletak di selatan Cinque Terre, sedangkan Milan terletak di utara Cinque Terre. Kita bisa memulai perjalanan ke Cinque Terre melalui kedua kota terkenal tersebut.

Terbukti tak sulit mencapainya seperti yang saya lakukan. Untuk bisa mengunjungi kelima desa itu, persiapkan paling tidak 4 hari untuk puas berpetualang dan menikmatinya. Dari pengalaman saya ke sana, kelima desa itu bisa Anda kunjungi dengan angkutan umum.

Seperti standar transportasi di Eropa, angkutan umum menuju Cinque Terre bisa diambil dengan cara naik kereta yang begitu mudah dan nyaman. Tapi meski berada di negeri maju sekali pun, kita tetap harus selalu hati-hati dengan barang bawaan selama berada di kereta. Sama seperti di Jakarta, di beberapa tempat umum di Italia juga banyak pencuri.cinque manarola 3

Kalau naikkereta dari Pisa, kita bisa memulai perjalanan pagi dengan kereta selama 1,5 jam menuju kota awal La Spezia. Di stasiun kereta La Spezia, belilah tiket kereta khusus menuju Levanto. Dari situ kita bebas turun-naik kereta di kelima desa tersebut.

Anda bisa membeli tiket kereta saja seharga 5 Euro (sekitar Rp 60.000), tapi Anda tidak bisa menyusuri taman nasional. Kalau mau belilah sistem paket; tiket kereta dan tiket masuk taman nasional. Harga tiket terusan untuk satu hari 10 Euro dan untuk dua hari 19 Euro.

Kalau hanya sempat sehari saja, pastikan mengatur waktu untuk bisa menjelajah ke semua desa. Caranya, ya jangan sampai tertinggal kereta berikutnya supaya waktu Anda tidak habis hanya di dua-tiga desa saja, namun bisa menjelajahi kelima desa indah tersebut.

Yang paling asyik, banyak hal bisa kita lakukan di desa-desa itu: berjalan kaki menyusuri desa, melihat kehidupan nelayan Italia, memandang para turis yang sibuk berenang dan berjemur, ataupun sekadar duduk-duduk di kafe di tepi Laut Mediterania sambil mencicipi masakan ala Italia. (naskah dan foto: Gyscha Rendy/editor: Heti Palestina Yunani/bersambung)