Danau Dal? Jangan Lupa Kashmere Pulao

Ada yang berniat pergi ke Danau Dal, Sinagar, India. Setelah menurunkan tiga tulisan tentang Dal pada 2, 4, dan 6 Agustus 2017 di rubric Around The World, saya memberikan tips dan trik bagi mereka yang ingin menyusul saya ke sini.

When to go?

Jammu Kashmir memiliki empat musim layaknya negara di Eropa. Musim semi dan musim panas adalah waktu yang tepat mengunjungi Kashmir. Periode waktu terbaik adalah antara bulan Maret hingga bulan Mei. Saat itu salju yang menyelimuti jalanan mulai meleleh. Musim semi menyuguhkan mekarnya bunga di daratan Kashmir, termasuk bunga tulip.

How to get there?

Tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta menuju Srinagar. Pilihannya adalah menggunakan penerbangan dari Jakarta menuju New Delhi. Berbagai penerbangan dari Jakarta menuju New Delhi dengan variasi harga sesuai dengan bajet mulai Rp 6 jutaan hingga Rp 8 jutaan. Maskapai yang melayani penerbangan Jakarta ke New Delhi yakni Singapore Airline, Malaysia Airline, Malindo Air dan Garuda Airline bekerjasama dengan Jet Airways.

Dari New Delhi menuju Srinagar berbagai pilihan transportasi seperti pesawat terbang, bus dan kereta. Khusus untuk jalur kereta api, tidak ada jurusan New Delhi menuju Srinagar secara langsung. Pilih kereta jurusan Jammu, dilanjutkan dengan menyewa jeep atau menggunakan bus dari Kota Jammu menuju Srinagar. Perjalanan menggunakan jalur darat memakan waktu hingga 24 jam lamanya. Tapi indah, karena melewati puluhan perbukitan dengan alam perdesaan yang asri dengan suguhan gugusan Pergunungan Himalaya dengan tudung saljunya.

Where to stay?

Tak lengkap rasanya mengunjungi Kota Srinagar jika belum menikmati sensasi tinggal di rumah perahu yang mengapung di atas Danau Dal. Layaknya sebuah hotel, rumah perahu mewah hingga harga bersahabat pun bisa kita jumpai. Rata rata mereka menyediakan sarapan dan makan malam. Veena Palace tempat saya tinggal menawarkan harga 500 Rupees per orang. Menyediakan air panas 24 jam, kamar mandi dalam dan wifi.

What to do?

Selain menikmati pasar terapung di pagi hari dan cruise mengelilingi Danaul Dal, kita juga bisa bermain ski di Gulmarg. Menjelajah pegunungan es Sonamarg dan juga alam perdesaan dengan rimbunan pohon pinus di Pahalgam.

dal5What to eat?

Makanan Khasmir berbeda dengan masakan India pada umumnya yang memiliki rasa rempah yang tajam. Masakan Kashmir sangat cocok dengan lidah Indonesia. Sebagian besar penduduk Khasmir pemeluk agama Islam, sangat mudah menemukan masakan halal. Masakan wajib coba adalah Kashmere Pulao dan minuman Khawa.

What to buy?

Kashmir terkenal sebagai penghasil karpet terbaik di dunia. Terdapat variasi harga dan desain permadani cantik hasil kerajinan tangan penduduk Kashmir. Harga mulai Rp 1 jutaan hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Shawl dan pashmina Kashmir memiliki desain khusus dan menawan dengan kualitas bahan yang halus dan bagus. Shawl dan pashmina ditawarkan dengan harga mulai 500 Rupees atau setara Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. (naskah dan foto: Attini Zulfayah/editor: Heti Palestina Yunani)