Borneo Jazz Festival; Daya Pikat Miri

Mari Kemari Singgah ke Miri (7)

penonton-seru-borneo-jazz-festivalBorneo Jazz Festival, adalah daya pikat wisata Kota Miri, Sarawak, Malaysia. Karena event music itulah saya ke Miri. Sudah tiga kali saya menonton festival jazz terbesar di pulau Kalimantan itu. Artis dunia yang mengisi acara setiap tahunnya memberikan pengalaman menikmati jazz yang luar biasa.

Pada event 2015, ada 8 musisi internasional dari berbagai belahan dunia hadir yang membuat saya beruntung bisa melihatnya. Ada A.P.I dari Malaysia dan India; Funkatorie dari Malaysia; Class Brothers & Cuba Percussions dari Jerman dan Kuba; Mancu Gallo Groove Orchestra dari Ivory Coast, Belgia; O’ Sister dari Spanyol; Raw Earth dari Singapura, The Red Trads dari Amerika; Yuichiro Tekuda’s RALYZZDIG dari Jepang.

Sementara dua pengisi untuk program pengembangan pemuda yaitu Chung Hua Miri Brass Band serta USM Mini Big Band dari Miri, Sarawak, Malaysia. Menggunakan lapangan dari Hotel Park City Everly yang langsung bersebelahan dengan pantai, suasana perhelatan Borneo Jazz Festival semakin nyaman.

pendar-cahaya-matahari-tenggelamSebelum dimulai saya sudah menyempatkan diri untuk melihat matahari terbenam. Indah dengan warna merah yang berpendar. Saya menikmati sore sembari menunggu panggung utama dibuka. Lokasi pelaksanaan festival ini sangat menyenangkan.

Apalagi di sekitar lokasi ini di buka belasan outlet makanan dan minuman serta meja dan kursi yang nyaman untuk di tempati. Ada dua layar besar bagi yang ingin duduk santai sembari menonton dan menikmati musik jazz atau ikut merasakan gegap gempitanya langsung di depan panggung besar.

Saya merasakan hal berbeda saat menonton festival jazz di pinggir laut. Festival yang biasanya berada di dalam ruangan dan ditonton dengan duduk manis terasa berbalik 180 derajat di sini. Entah berapa kali saya bertepuk tangan sembari merinding dengan kualitas musik dan suara yang dihasilkan festival ini.

manou-gallo2
Manou Gallo

Pemain musik berkelas dengan kemampuan yang tidak diragukan lalu dipadukan dengan kualitas suara yang luar biasa. Apalagi musik jazz tidak melulu dihadirkan berat. Beberapa penampil harus saya garis bawahi karena sangat banyak mendapatkan tepuk tangan.

O Sister! dengan musik jazz ala 20-an, menghadirkan swing dan dixie atau Klazz brother dan Cuban pecussion yang menghadirkan perkusi ala kuba yang membuat penonton terhipnotis menggerakkan pinggulnya.

Lain lagi dengan A.P.I yang memadukan musik India tradisional dan jazz modern hampir sama dengan Kelompok Manou Gallo yang juga menarik akar budaya musik Afrika yang dipadukan dengan permainan gitar Spanyol.

the-rad-trads
The Rad Trads

Keempat personel wanitanya menghadirkan musik rancak dengan sentuhan feminin. Satu lagi yang juga menjadi favorit, The Rad Trads yang memainkan musik gaya Amerika yang memadukan gaya New Orleans dan Chicago di tambah suara serak vokalis khas musik country.

Festival ini berlangsung selama dua hari penuh dari pukul 6 sore hingga 12 tengah malam setelah itu ada jam session yang dilaksanakan di Ruai Bar di dalam hotel hingga pukul 2 pagi. Biasanya para pengisi acara akan menunjukkan kemampuannya masing-masing dan beradu musik tanpa ada latihan sebelumnya.

Terkadang hasil musiknya di luar ekspektasi. Jauh memukau dari tampilan di panggung bersama grup nya. Untuk masuk kesini cukup membayar 100 ringgit/hari. Jika ingin mendapatkan harga lebih murah beli saja tiketnya jauh hari di websitenya.

lokasi-borneo-jazz-festival
Lokasi konser

Hingga 2016, acara ini sudah berlangsung 12 tahun dan selalu di adakan di Miri. Waktunya tidak selalu di tanggal dan bulan yang sama. Tahun depan festival musik ini akan dilaksanakan 12-13 Mei 2017. Dalam pelaksanaannya Borneo Jazz FEstival selalu menampilkan berbagai jenis musik jazz dengan aliran yang berbeda.

Ada yang mencampurkannya dengan unsur blues, soul, dan rock and roll. Bahkan ada yang mencampurkannya dengan musik tradisional. Sarawak Tourism Board (STB) selaku pelaksana selalu mengadakan berbagai konser musik bertaraf internasional termasuk Rainforest World Music Festival di Kuching yang dilaksanakan 5-7 Agustus 2016.

Festival ini masuk ke dalam 25 festival terbaik dunia versi Songlines Magazine Inggris. Cek website www.sarawaktourism.com untuk mendapatkan banyak informasi tentang festival dunia yang mereka adakan sepanjang tahun. Ayo mari ke mari ke Miri! (naskah dan foto: Dony Prayudi/editor: Heti Palestina Yunani/habis)