Bondan Sentanu M: Dorong Local Genius Angkat Potensi Wisata

Makin trennya traveling membuat kebutuhan akan informasi dunia wisata kian tinggi. Maka berkembanglah website travel yang disuguhkan para pelaku bisnis di bidang ini. Salah satunya Traventure.id yang merupakan website travel marketplace yang cocok bagi mereka yang tertarik mendapatkan penghasilan tambahan dengan memberikan jasa pemandu perjalanan telah diluncurkan. CEO Traventure.id Bondan Sentanu Mintardjo sharing pada padmagz.com tentang kemunculan Traventure,id.

Selamat ya atas peluncuran Traventure.id pada 3 Juli 2017 di Denpasar.

Terima kasih padmagz.com. Semoga kita sama-sama sukses dan bisa berpartner kelak ya?

Terima kasih kembali. Boleh tahu bagaimana Traventure.id lahir?

Simpel saja ya. Faktanya kan Indonesia dikenal kaya akan kekayaan dan keindahan alam terbentang dari Sabang sampai Merauke menyimpan banyak ‘harta karun’ keindahan alam. Namun sayangnya masih belum terekspos secara luas. Sudah banyak daerah yang sadar akan potensi ekonomi pariwisata mereka dan mulai serius menggarap sarana dan prasarana pendukung. Nah di sini, Traventure.id hadir untuk melengkapi kebutuhan para petualang yang ingin menjelajahi Indonesia lebih jauh.

Apa sih Traventure.id itu?

Sekilas saja Traventure.id itu merupakan marketplace perjalanan di mana pembuat paket perjalanan itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Asal ada yang bisa dijual setipa orang dapat membuat dan menawarkan paket perjalanan sekreatif mungkin. Paket ini dapat dipesan oleh pengunjung situs Traventure.id. Untuk merasakan kemudahan ber-Traventure secara langsung, gabung dan  daftar ke www.traventure.id sekarang deh.

traventure (3)Kalau dari sejarahnya, Anda kan yang mendirikan Traventure.id, apa idenya sampai terbentuk?

Latar belakang mendirikan traventure dari pengalaman saya saat kerja remote sebagai programmer selama 2 tahun lebih di tahun 2014-2016. Saya coba melakukan itu sambil jalan-jalan dan berpindah-pindah kota. Saat berada di sebuah kota, saya penasaran ada lokasi atau aktivitas unik apa yang bisa saya temukan di situ. Kalau dengan sedikit googling saya bisa lihat via blog, instagram, dan beberapa social media lain, ada tempat-tempat yang indah dan ‘tersembunyi’ di kota tersebut. Tapi saya berpikir lebih jauh, kalau orang-orang lokal ini menampilkan kotanya dengan lebih proaktif sebagai paket jalan-jalan, saya juga mau beli paketnya saat itu. Nah kenapa saya tak menyediakan ‘tempat’ untuk orang menawarkan hal itu kalau begitu? Ya jadilah Traventure.id itu.

Apa peluang yang Anda lihat ketika mendirikannya?

Saya yakin pasti masih banyak lagi di tempat-tempat lain seluruh Indonesia yang berpotensi ekonomis semacam yang sudah ditawarkan, tapi masih belum tergali. Lalu saya tanya ke diri sendiri, kalau orang-orang ini mau pasang sebagai paket trip, mereka pasang di mana? Ya akhirnya saya coba bikin platform marketplace untuk paket trip dan aktivitas ini, di tahun 2016 bersama teman di Bali.

Ceritakan tentang tim Traventure.id sekarang dong.

traventure (1)Saat ini tim Traventure.id terdiri dari lima orang, dengan basis kerja berlokasi di Denpasar, Bali; ada saya sebagai kolaborator dan developer lalu ada Hary sebagai developer dan online marketer, ada Arya sebagai developer dan automation maniac, lalu Maesa menangani community manager, serta operation dan member support yang dipegang Amy. Kami fokus pada sistem yang masih terus dikembangkan dengan penambahan fitur dan akan tersedia dalam bentuk mobile app yang diharapkan dapat lebih memperkaya pengalaman pengguna dalam menggunakan sistem ini.

Visi apa yang mendorong Anda mendirikan Traventure.id?traventure (2)

Kami punya visi sebagai marketplace yang menampilkan paket traveling alternatif, yang dibuat oleh traveler dan orang lokal yang tahu kekuatan daerahnya. Kalau website traveling lain menampilkan Bali misalnya, yaitu “water sport Benoa”, atau “paket jalan-jalan Uluwatu melihat sunset”, di Traventure.id orang bisa melihat paket activity Bali yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya seperti “kano di hutan mangrove dan makan ikan bakar di pinggir pantai lihat sunset”, atau “mengunjungi hidden beach Nyang-nyang” dsb. Ini daya pikat Traventure.id.

Bagaimana cara kerja Traventure.id?
Traventure mempertemukan pembuat/operator trip (penjual) dengan pengguna trip (pembeli). Pengguna akan dituntun untuk mengikuti langkah demi langkah cara penggunaan ketika mendaftar, sehingga cara penggunaan dari situs Traventure.id akan mudah dimengerti. Tampilan yang sederhana juga dibuat dengan tujuan untuk tidak membingungkan para pengguna Traventure.id.

Lebih spesifiknya Traventure.id diperuntukkan kepada siapa?

Jadi, meski untuk semua Traventure.id khusus untuk anggota. Para anggotanya ya pemandu lokal yang menawarkan jasa paket perjalanan dan para wisatawan yang membutuhkan jasa mereka untuk bertemu dan bertransaksi.

Apa manfaatnya untuk anggota?

Prinsipnya Traventure.id hadir untuk semua khususnya anggota yang mendaftar. Dalam metode seperti yang kami buat akan menguntungkan kedua pihak, baik para pemandu lokal untuk mendapatkan penghasilan tambahan, maupun wisatawan untuk dapat melihat dan merasakan sensasi perjalanan yang orisinil. Kami juga berusaha untuk mendorong penduduk lokal untuk berpartisipasi secara aktif untuk menggalakkan potensi wisata daerah mereka dan melalui Traventure.id, kami menyediakan wadah agar mereka dapat dengan mudah memperkenalkan dan memberikan pelayanan untuk menemani para wisatawan menjelajahi keindahan serta keunikan daerah mereka.

Apa yang bisa dilakukan anggota setelah mendaftar?

Setelah mendaftar anggota Traventure.id bisa membuat paket perjalanan sesederhana mungkin. Tergantung apa potensi wisata lokal setempat. Misalnya nih “trip mengunjungi industri batik rumahan di Kota Gede Yogyakarta” atau “road trip 3 hari 2 malam keliling Bali-Lombok dengan VW Kombi.” Itu kan hanya orang lokal sendiri yang tahu peluangnya. Nah semua itu dapat diakomodasi oleh Traventure.id.

Kenapa wisata lokal yang dikembangkan Traventure.id?

traventure (4)Sebab potensinya sangat besar. Traventure.id ingin pemandu lokal berperan sentral sebagai local genius, yang mengetahui potensi wisata daerahnya masing-masing. Yang paling penting, kesadaran bahwa potensi ekonomi dari penyediaan jasa semacam ini sifatnya berkelanjutan dalam arti bahwa kegiatan ini akan terus memberikan keuntungan materi kepada mereka jika mereka turut aktif dalam memelihara dan menjaga potensi wisata yang mereka tawarkan, dan bukan merusak dan mengekploitasi yang pada akhirnya hanya akan memberikan keuntungan sesaat. Sejak launching kami berusaha terus memberikan benefit lebih. Saat peluncuran perdana, Traventure.id menyediakan voucher diskon untuk bisa digunakan di Bali senilai Rp 50 ribu. Penawaran terbatas semacam ini akan selalu ada. Maka segera kunjungi Traventure.id sekarang dan baca informasi lengkapnya di sana, ya. Kalau mau info kontak bisa ke saya langsung di 08561617479 dan bondan@traventure.id.

Setelah berlangsung dua bulan lebih apa tantangan Traventure.id?

Tantangannya adalah edukasi, sebagai bagian dari marketing. kita lagi besarkan komunitas, di mana kita mau menyemai lebih banyak lagi calon-calon host yang biar mereka lebih sadar akan potensi daerah mereka sendiri, sebagai bisnis paket trip kecil-kecilan. kami sedang di posisi itu saat ini dan itu cukup fun dan menantang. Kita masih terus develop features untuk website-nya. Sistemnya juga masih terus berevolusi ke arah yang lebih baik. koleksi features ini tentunya akan diaplikasikan sesuai kebutuhan pengguna. Kami masih selalu baca data behavior/perilaku pengguna saat ini.

Ada plan ke depan?

Di rencana ke depan, saat kita sudah firm feature mana yang memang dibutuhkan oleh user, mana yang harus disederhanakan atau bahkan dibuang, kita akan bangun versi mobile app-nya untuk membungkus semua kemudahan itu dalam app. Doakan ya padmagz.com. (naskah: Heti Palestina Yunani/foto: Traventure.id/editor: HPY)