Berteduh Santai di Pondok Pantai Anggopi

anggopi (1)Surga dari timur memang selalu menarik perhatian. Pesonanya begitu indah salah satunya pantai yang berada di Biak yaitu Anggopi. Anggopi juga merupakan nama kampung di distrik Biak Timur. Letak Anggopi tidak terlalu jauh dari pusat Kota Biak. Dengan kendaraan pribadi atau menyewanya kita dapat menjangkau tempat ini.

Saat saya ke anggopi, matahari yang cerah sedang menyinari Kota Biak. Suasana itu menemani perjalanan saya menuju sebuah pantai yang masih asri keindahannya. Perjalanan itu kira-kira memakan waktu kurang lebih 45 menit dari pusat Kota Biak.

Selama perjalanan kita dapat melihat hutan-hutan yang masih terjaga keasliannya. Ketika sampai di tempat tujuan, saya memarkir motor di depan rumah warga begitu saja tanpa ada petugas. Maklum, di objek wisata itu memang belum ada fasilitas lahan parkir yang memadai untuk wisatawan yang berkunjung ke Anggopi. Tak apalah yang penting aman.

Dari lokasi parkir atau rumah warga itu, saya tak dapat melihat langsung Pantai Anggopi. Saya harus berjalan kurang lebih 50 meter dari tempat parkir motor dan menuruni anak tangga yang lumayan banyak. Setelah saya menuruni anak tangga barulah terlihat dari kejahuan pasir putih yang masih terjaga keindahan dan kebersihan pantainya.

anggopi (3)Wah pantainya cocok buat kalian yang ingin bersantai. Sebab ada pondok-pondok yang berdiri di pinggir pantai untuk para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Selain sebagai tempat berteduh, pondok itu juga menambah keindahan pantai.

Pondok-pondok tersebut dapat kita sewa untuk berteduh ataupun untuk menaruh barang bawaan kita dengan harga bervariasi mulai Rp 50 ribu saja. Beruntung bagi saya yang datang bukan pada saat weekend. Sebab biasanya pada hari weekend tempat ini begitu ramai dikunjungi.

Pengunjung utamanya dari kalangan anak muda di Biak yang menghabiskan waktu  libur mereka. Salah satu keunikan dan daya tarik yang mejadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada saat weekend  adalah adanya danau di dekat pantai.anggopi (4)

Danau itu hanya di batasi oleh bebatuan dan tebing yang cukup pendek. Tak jarang pengunjung yang mandi di pantai tersebut memilih mandi di danau air tawar sebelum pulang. Mandi di danau bertujuan untuk membersihkan tubuh mereka setelah bermain di pantai.

Di danau itu juga lah kalian dapat dengan mudah menemukan spot foto yang bagus. Jadi tidak perlu khawatir untuk membuat stok foto kalian, dijamin banyak angle yang bisa didapatkan. So, kalau kalian berkunjung ke Kota Biak, tempat ini bisa menjadi list tujuan yang wajib dikunjungi. (naskah dan teks: Dwi Agung/editor: Heti Palestina Yunani)