Berenang di Antara Rentetan Gunung

KUSUMA 4Kali ini destinasi liburan saya adalah wisata air Water Park Kusuma atau sering disebut Water Boom Malang. Destinasi wisata air ini letaknya jadi satu dengan Argo wisata petik apel yaitu di kawasan Kusuma Agro Wisata. Tepatnya di Jl Abdul Gani atas Kota Batu dengan ketingian 1.100 meter dari permukaan air laut, di atas lahan seluas ± 3.000 meter persegi.

Untuk sampai ke sana, sobat Padmagz bisa menggunakan mobil pribadi dengan perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Surabaya. Bisa juga menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau bus, karena jarak antara lokasi dengan terminal bus maupun stasiun kereta api tidak lah teramat jauh.

Sesampai di lokasi,  gerbang dengan landscape buah khas Malang dari depan agro wisata akan menyapa. Berbagai macam gerbang memang didesain khusus menyerupai buah, ada gerbang apel, stroberi dan lain sebagainnya. Di Water Park Kusuma, saya tidak ingin memetik apel atau lainnya karena saya hanya ingin berenang sembari menikmati indahnya peamandangan alam dan sejuknya hawa pegunungan.

Camera 360Langsung saja saya menuju water boom. Untuk peak season, tiket masuk cukup murah, hanya Rp 25 ribu/orang. Ini berlaku baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Yang ke sana dengan membawa rombongan, biasanya pihak pengelolah memberikan diskon khusus sesuai jumlah rombongan yang dibawa. Biasanya semakin banyak rombongan, maka potongan makin besar.

Seperti layaknya water park yang berisi kolam renang dan berbagai permainan air, water boom Kusuma Batu Malang tidak jauh berbeda. Di sana terdapat beberapa kolam renang dengan spesifik yang digolongan sesuai kalangan pemakainya. Ada kolam renang khusus untuk dewasa dengan kedalaman yang lebih dalam dengan papan seluncur cukup tinggi.

Namun ada juga beberapa kolam renang khusus anak-anak yang papan seluncur dan kedalamannya di sesuaikan yaitu tidak seberapa tinggi dan cukup dangkal. Ada juga kolam renang khusus keluarga, yang mana satu keluarga bisa menyewa khusus satu kolam renang tanpa harus bercampur dengan orang lain.

JpegBagi yang kebetulan tidak membawa baju renang, di sana telah disediakan kios baju renang. Kita bisa menyewa atau membeli. Jadi tidak usah ribet membawa baju renang. Kita juga bisa menyewa ban pelampung untuk menelusuri sudut kolam renang. Satu ban pelampung bisa digunakan untuk berdua dengan biaya sewa Rp 25 ribu/pelampung. Tarif itu untuk sepuasnya selama berada di dalam area kolam renang.

Ada yang berbeda dari water park ini, yang saya rasa tidak dimiliki water park maupun water boom lainnya yaitu keindahan alam sekitar kolam renang dan sejuknya hawa pegunungan dari rentetan gunung yang ada di Kota Batu Malang. Setelah berenang dan bermain air, saya dan rekan-rekan tidak ingin langsung pulang. Kami masih ingin menikmati indahnya pemandangan sekitar.

Sebab rasanya sayang melewatkannya begitu saja. Hamparan gunung yang terlihat jelas dengan semburat kabut yang beranjak pergi tersapu angin pengunungan. Dan birunya langit Batu yang kian membiru terpancar oleh cahaya matahari yang kian meninggi. Ditambah sejuknya hawa pegunungan, membuat segala penat yang menumpuk oleh rutinitas sekita lenyap.

KUSUMADi dalam area water park, juga terdapat berbagai permainan anak-anak. Barbagai ayunan, rumah-rumahan serta permainan lainnya. Kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar dengan bermain ayunan. Karena permainan itu, juga diperbolehkan digunakan orang dewasa. Saya sarankan juga jangan lupa berpose dan mengabadikan indahnnya pemandangan sekitar.

Untuk mengganjal perut yang lapar sehabis berenang, di sana juga tersedia food-court yang menyediakan berbagai makanan dan minuman seperti bakso, mie dan lain sebagainya. Namun saya sarankan untuk membawa sendiri bekal dari rumah karena tentu harga makanan di dalam area lebih mahal dibanding makanan di luar.

Setelah puas berenang, bermain air serta menikmati keindahan alam sekitar, kita melewati tangga ke atas menuju kios oleh-oleh. Di kios ini tersedia berbagai macam produk olahan dari Argo Wisata Kusuma sendiri yang pembudidayaanya dilakukan tanpa menggunakan pestisida. Ada kripik buah, selai buah, jenang buah dan yang paling saya suka adalah sari buah Apel Kusuma. Di samping enak, juga menyehatkan. (naskah dan foto/Lynda Hwee/editor: Heti Palestina Yunani