Berenang dengan Hiu di Karimun Jawa

karimun-jawa-1Pernahkah Anda membayangkan bersama puluhan hiu karang? Ingin merasakan bagaimana predator lautan itu berenang mengelilingi Anda? Sensasi tersebut akan Anda dapatkan di Pulau Menjangan Besar.

Pulau Menjangan Besar adalah salah satu pulau yang termasuk dalam gugusan kepulauan Karimun Jawa. Terletak di Laut Jawa, tepatnya di barat laut Kota Jepara, Jawa Tengah. Karimun Jawa menyuguhkan eksotisme pantai dengan taman bawah lautnya sekaligus sensasi adventure yang tiada duanya.

Crystal clear waters and colourful coral reefs around the small island of Pulau Tengah, located within the Marine National Park of Karimunjawa or Karimun Jawa, which translates as a stone's throw from Java.Karimun Jawa termasuk dalam tujuh Taman Laut Nasional terindah di Indonesia. Dengan 69 marga karang keras dan 353 spesies ikan karang, Karimun Jawa menjadi surga bagi para pecinta diving dan snorkeling. Selain itu, Karimun Jawa juga memiliki 300 hektar hutan mangrove yang tersebar di pulau-pulaunya.

Spot diving terbaik di Karimun Jawa terletak di Pulau Menjangan Kecil, yang bisa ditempuh dari pulau utama Karimun Jawa dengan kapal feri selama kurang lebih 5 jam perjalanan. Perjalanan yang panjang dan cukup melelahkan memang. Tapi letih kan terbayar karena di sana terdapat resort yang bisa Anda sewa sebagai tempat beristirahat.

Selain itu, di Pulau Menjangan Besar terdapat penangkaran hiu karang. Anda bisa berenang bersama predator laut lepas yang terkenal ganas tersebut. Tenang, hiu-hiu di penangkaran itu sudah jinak. Tapi ada baiknya bila Anda tetap waspada, apalagi jika ada bagian tubuh Anda yang terluka dan berdarah.karimun-jawa-4

Di Pulau Menjangan Besar Anda juga dapat menemukan tempat pembiakan penyu-penyu langka. Antara lain penyu hijau dan penyu sisik. Selain itu, elang laut dada putih juga bisa Anda temukan di pulau ini.

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berlibur ke Karimun Jawa adalah, menikmati suasana sunset sembari bersantai di atas hamparan pasir putih pantainya yang begitu lembut. Semilir angin dan sayup debur ombak menambah nuansa romantis yang menaungi Anda dan pasangan. (naskah: PAD/foto: net/editor: Heti Palestina Yunani)