‘Bercinta’ dengan ‘Salvador Dali’ di Pulocinta

Bermula dari keinginan kami untuk ber-traveling ke lokasi sepi dan bisa menghindar dari kebisingan kota besar. Terpikirlah Pulocinta Ecoresort. Di manakah itu? Pulocinta tepatnya ada di Desa Patoameme, Boalemo, Provinsi Gorontalo. Dari airport Jalaludin Gorontalo, perjalanan darat kami ambil dengan naik mobil selama 2 jam. Begitu turun, kami menyeberang memakai boat selama kurang lebih 20 menit.

pulocinta-2Begitu sampai di Pulocinta kami takjub dengan apa yang ada di depan mata. Sungguh sebuah pemandangan alam yang luar biasa. Tampak sebuah water resort yang amazing. Tak menyangka kalau semua itu ada di negeri tercinta ini.

Pulocinta mempunyai 15 resort dengan pilihan villa dengan 2 bedroom, villa 3 bedroom dan villa 1 bedroom. Desain villanya sungguh keren. Masing-masing ditempatkan terpisah dari villa lain dan dikelilingi air bagaikan kristal. Dari deck, bisa terlihat sunset dan sunrise, hanya dari tempat kami tidur. Bahkan dari situ, kami bisa langsung lompat kalau ingin berenang atau snorkeling.

Tidak ada AC di kamar. Hanya ada kipas angin di atas ranjang yang tidak pernah nyala karena udara sudah sangat sejuk. Di antara ke-15 villa yang mengelilingnya, ada restoran yang sengaja ditempatkan di tengahKami jadi betah duduk berlama-lama di situ sambil menikmati makanan yang disediakan resort, selalu dalam porsi besar. Jadi jangan takut kelaparan di sini.

Menunya mostly seafood dan taste so good. Kopi, teh dan mineral water tersedia anytime. Di restoran itulah kami menikmati romantic dinner yang aduhai; candle light dinner di private island, surrounding by crystal water and white sands, with someone that I love. Kurang romantis apa coba? Lebih-lebih semua ornamen restoran berbentuk cinta; sampai piring makan pun berbentuk cinta.

pulocintaIn the next morning kami memilih diving dan menjumpai beberapa Salvador Dali Coral. Catat, di dunia coral jenis ini hanya terdapat di perairan Gorontalo. Nama Salvador Dali Coral diambil dari bentuk coralnya yang mengingatkan orang pada lukisan L’enigma del Desiderio by Salvador Dali. Sungguh kami beruntung sebab diving visibility sangat bagus. Begitu juga dengan arusnya yang sangat tenang dan bersahabat.

Jangan kuatir bagi yang tak bisa diving, karena masih bisa snorkeling di sekitaran resort. Semua perlengkapan sudah disediakan plus guide-nya yang membikin Anda merasa aman meski melakukannya pertama kali. Yang tidak bisa snorkeling pun bisa berenang atau main air di depan villa masing-masing. Apalagi di resort terdapat 2 ayunan air yang bisa dimainkan. Asyik kan?

Puas ber-diving, kami duduk manis di deck villa sambil menunggu sunset. Enaknya, di setiap sore selalu ada kiriman snack ke villa. Kami jadi betah duduk berlama-lama di deck, sambil mengudap. Kudapan itulah yang menemani kami mendengarkan suara air berkecipak, desiran ombak halus, melihat ikan melompat-lompat. Ah, serasa bercinta lagi seperti pengantin baru.

pulocinta-3Kalau beruntung, pengunjung bisa menjumpai lumba-lumba melintas di depan villa. Dari itu saja, sungguh Pulocinta seperti sebuah karunia Tuhan yang jatuh langsung dari langit. Ia memberikan Indonesia sebuah alam yang begitu indah di PUlocinta. Sunset dan sunrise di sini saja sudah syukur. Sukar kami mengungkapkannya dengan kata-kata karena saking indahnya. Amazing sunset dan sunrise deh.

Di kegelapan malam hari, tetap indah. Malah jauh lebih sejuk dan romantis. Ditambah staf Pulocinta yang sangat friendly dan helpful. Nothing complain about Pulocinta pokoknya. This is the best place for honeymooners and divers. Sebentar, sebelum ke sini silakan melihat tempat ini dari photo drone. Ternyata bentuknya love atau cinta. Ah pantaslah kalau disebut Pulocinta, pulau cinta.

Tips selama traveling ke Pulocinta Ecoresort:
1. Sebaiknya memakai sepatu yang nyaman atau sekalian bersandallah jepit.
2. Bawa kamera, go pro dan drone mengingat banyak objek yang bagus untuk diabadikan.
3. Ulaskan sunblock dengan SPF cukup karena banyak aktivitas di luar dan di bawah sinar matahari langsung. 
4. Sedia obat anti mabok bagi yang sering mabok darat dan laut.

Selamat bercinta, eh berwisata. (naskah dan foto: Sylvi Mutiara Rachmarini/Heti Palestina Yunani)