Berani Sendirian, ke Teotihuacan Murah Banget

Wisata Meksiko dari Kota Lahir Marimar (2)

mexico teotihuacan (2) Ada satu incaran wajib saya untuk dikunjungi, Teotihuacan. Ia merupakan kompleks piramida yang konon menjadi tempat tinggal para dewa. Situs yang diakui sebagai warisan dunia UNESCO ini, dahulu merupakan salah satu kota terbesar di Amerika Utara.

mexico teotihuacan (6)Untuk sampai ke sana saya naik metro dari depan hostel ke Terminal Central del Norte (Terminal Utara Utama). Dari sana saya melanjutkan perjalanan saya dengan bus. Harga metro di Mexico City lumayan murah, sekitar Rp 3.500 per satu jalan.

Bus yang saya naiki ada di dekat pintu keluar metro. Setelah menemukan counter kecil di sebelah kiri terminal yang bertuliskan Piramides. Saya membayar tiket seharga Rp 30 ribu sekali jalan. Bus ini berangkat ke Teotihuacan setiap 20 menit.

mexico teotihuacan (3)Dari terminal, perjalanan ke Teotihuacan dapat ditempuh selama 1,5 jam. Sesampainya saya di sana memang agak membingungkan karena di Teotihuacan terdapat beberapa pintu masuk. Saya sendiri, turun dari bus setelah sopir meneriakkan; “Teotihuacan!”

Untung saya ikuti beberapa bule di depan saya, dan akhirnya saya pun sampai di depan loket masuk. Setelah masuk, Teotihuacan yang berupa piramida ini membuat saya tercengang. Di kompleks piramida Teotihuacan ini terdapat banyak candi kecil dengan 4 piramida utama, yaitu Kuil Bulan, Kuil Matahari, Kuil Quetzacotl, dan Museo Teotihuacan. Kuil Matahari menjadi piramida terbesar di kawasan Teotihuacan.

mexico teotihuacan (4)Dari situs resmi Teotihuacan merupakan kompleks piramida kuno terbesar di dunia. Situs arkeologi ini juga dikenal sebagai kompleks para dewa. Bentuk piramida-piramida di Teotihuacan ini seperti piramida Suku Maya. Kompleks yang sudah runtuh ini kembali digali hingga akhirnya Teotihuacan tidak benar-benar hilang.

Semua keindahan arsitektur Aztec pada Teotiuacan pun mengantarkannya sebagai salah satu arkeologi yang paling terkenal di Meksiko. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat Kuil Bulan yang berukuran sedang dan Kuil Quetzacotl. Kedua kuil piramida ini menjadi yang paling disucikan dengan aksen batu berbetuk kepala naga.

Untuk diingat bahwa layaknya di tempat-tempat turis di Mexico City, banyak orang yang akan menawarkan (dan memaksa) kita untuk menggunakan guide atau membeli tiket. Cari tahulah terlebih dahulu sebelum Anda pergi ke suatu tempat supaya tidak terlihat bingung dan menjadi sasaran orang-orang nakal ini.mexico teotihuacan (1)

Pada saat saya sampai saya sudah siap untuk membeli tiket masuk seharga 45 ribu. Saya juga abaikan panggilan orang-orang yang menawarkan souvenir dan jasa tour guide. Untung  sebelum saya berangkat saya sudah mempelajari sejarah dari tempat ini untuk menghemat biaya.

Namun apabila Anda pergi berkelompok dan ingin lebih tahu mengenai sejarah Teotihuacan, tidak ada salahnya menyewa tour guide dengan share cost. Dan ingat karena komples Teotihuacan sangatlah besar, mengunjungi Teotihuacan membutuhkan waktu seharian penuh.

Pada saat saya pulang ke hostel, saya bercakap-cakap dengan backpacker lain yang mengikuti acara tur ke tempat ini. Ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan, namun pada dasarnya apabila ingin menghemat biaya, lebih baik pergi sendiri. Karena harga tur ke Teotihuacan dengan mobil bisa mencapai Rp 2-3 juta, sedangkan ketika saya pergi sendiri, hanya menghabiskan Rp 160 ribu. (naskah dan foto: R. RR. Cornellia Widiastuti/editor: Heti Palestina Yunani/bersambung)