Ber-Trajineras Puas Cukup Sejam

Wisata Meksiko dari Kota Lahir Marimar (3)

mexico floating garden (5)mexico floating garden (4) Floating Garden Xochimilco juga salah satu highlight dari kunjungan saya ke Meksiko. Makanya, di hari terakhir saya habiskan untuk mengunjunginya. Xochimilco yang masuk dalam daftar UNESCO ini dapat ditempuh dengan turun di Metro Tasquena lalu dilanjutkan dengan kereta lain (Tren Tigero).

Cukup ikuti tanda untuk pindah ke kereta yang berbeda ini. Harga sekali jalan Rp 2.500 per orang. Murah kan? Bayarnya menggunakan kartu  yang berbeda dari kartu metro namun satu kartu bisa digunakan untuk beberapa orang.

mexico floating garden (2)Xochimilco ada di selatan Mexico City. Ia terkenal karena kanal peninggalan bangsa Aztec (masa Pre-Hispanik) untuk irigasi pertanian di lembah Meksico. Seperti  Teotihuacan ditetapkan sebagai World Heritage Site di Mexico City.

Kenapa menarik perhatian banyak turis dan warga setempat karena di sini kita bisa naik semacam gondola atau sejenis kapal yang namanya Trajineras. Kapal-kapal dibuat dengan motif bunga berwarna-warni dan menarik perhatian serta menggunakan nama-nama wanita untuk penamaan kapalnya seperti Frida, Ivonne, Karina, Rosario, Teresita, Carmelita, Christina, dll.

mexico floating garden (1)Perjalanan dengan Trajineras dimulai dari Al Embarcadero Fernando Celanda. Selain kapal-kapal Trajineras, juga ada beberapa jenis kapal lain yang akan kita termui di sini. Berdasar pengalaman, menurut saya, spot ini merupakan salah satu tujuan yang tidak dapat dikunjungi seorang diri.

Selain mahalnya kapal yang berkisar seharga Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta per kapal. Jadi untuk dapat benar-benar menikmati kapal ini, orang-orang biasanya mengajak teman atau keluarga untuk piknik di dalam kapal.

mexico floating garden (7)Sembari menyusuri sungai, mereka makan dan minum, bersenda gurau diiringi nyanyian dari mariachi band yang sesekali lewat menggunakan sampan. Mariachi band ini bisa dipanggil ke dalam kapal lho. Yang tidak membawa makanan dan minuman, jangan kuatir, ada cukup banyak sampan lokal yang berjualan. Bahkan mereka membawa tequila!

Untuk alasan keamanan, pastikan kita sudah menemukan grup sebelum kita berangkat ke sini. Selain karena lebih murah dengan share cost. Yang solo traveler, hati-hati karena rentan dibodohi. Ketika saya keluar dari stasiun kereta, sudah banyak orang yang menunjukkan saya ke arah pintu masuk. Padahal yang mereka lakukan adalah mereka menunjukkan saya ke arah pemilik Trajineras.

mexico floating garden (3)Meski terdapat pintu masuk resmi, pintu ini susah untuk ditemukan, jadi kita akan mudah terkecoh. Ketika sampai, jangan lupa, pilihlah paket kapal sesuai dengan kebutuhan kita. Satu kapal dapat memuat 10-20 orang.

Ketika ditawari oleh pilihan satu jam dua jam atau tiga jam perjalanan, pertimbangkanlah apakah hanya melihat-lihat, atau akan makan, bersantai dan bercakap cakap dengan teman. Pada waktu itu, paket 1 jam yang saya ambil lebih dari cukup karena saya pergi sendirian. (naskah dan foto: R. RR. Cornellia Widiastuti/editor: Heti Palestina Yunani/bersambung)