Belanja Seribuan di Pasar Beringharjo

Bpasar_beringharjoanyak orang menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan wisata belanja selain wisata budaya dan kuliner. Salah satu tempat favorit adalah Pasar Beringharjo. Lokasinya yang strategis di ujung Jl Malioboro dan dekat dengan Benteng Vredeburg membuatnya selalu ramai dikunjungi para pelancong.

pasar-beringharjo3 Harga barang-barang di Pasar Beringharjo memang sangat menggiurkan. Aneka busana batik bisa didapat mulai harga Rp 25 ribu dan suvenir dijual mulai dari harga Rp 1 ribu. Kelengkapan komoditinya pun bisa diacungi jempol. Di bagian depan tersedia aneka konveksi, mulai dari batik, tenun, hingga perlengkapan rias pengantin.

Agak ke belakang tersedia aneka suvenir, pernak-pernik, lalu sayur mayur, buah, dan palawija. Jika Anda ingin mengeksplor pasar ini, Anda akan menemukan surga belanja di bagian belakang pasar yang membuat siapa saja ingin menjadi pedagang dadakan.

pasar-beringharjo2Area ajaib itu ada di lantai tiga bagian belakang pasar. Lokasi ini relatif sepi kunjungan pelancong karena banyak orang yang tidak mengenal area ini. Untuk mencapainya dengan mudah, berjalanlah menyusuri sisi kiri pasar, bersisihan dengan lahan parkir.

Begitu ada masjid, masuk saja ke pintu pasar, lalu naik ke lantai tiga dan bersiaplah untuk terkejut. Seluruh area ini dipenuhi para wholeseller, alias penjual partai. Di sinilah para pedagang Malioboro kulakan dagangan. Belilah minimal tiga biji untuk tiap item, dijamin Anda akan mendapatkan harga reseller.

pasar-beringharjo-4Bayangkan, selembar uang Rp 5 ribu masih berharga di sini, minimal bisa mendapat kotak pensil atau dompet HP. Namun khusus area ini Anda tidak leluasa menawar, karena memang sudah dipatok harga partai. Untuk berbelanja di kawasan lantai tiga ini, Anda harus sering lihat jam.

Mengapa? Para pedagang ini sangat menghargai waktu. Pukul 15.00 mereka sudah siap menutup kios dan meninggalkan kios tepat satu jam setelahnya. Sebagian pintu pasar pun juga sudah ditutup tepat jam 03.30, terutama pintu-pintu yang terletak di bagian belakang pasar. Bagaimana? Siap berbelanja murah? Selamat berburu ya! (naskah dan foto: Wina Bojonegoro/editor: Heti Palestina Yunani)