Beda Fasilitas Tentu Beda Sensasi

Pilih Hotel atau Hostel? Ini Tipsnya (1)

hostel (2)Jalan-jalan ke luar negeri, terasa sangat menyenangkan, apalagi tiket promo sudah di tangan. Kebanyakan orang Indonesia booking hostel karena harganya murah tapi begitu sampai di kamar langsung ‘shock.’ Hmmm…bayangan mereka adalah kamar seperti di hotel yang diisi 2 atau 3 orang.

Akomodasi apa yang menjadi pilihan itu semua tergantung uang, waktu dan kebutuhan. Kata hotel sudah banyak yang mengerti dan membayangkan seperti apa. Tetapi kata hostel masih banyak yang belum mengerti, apa itu hostel.

Hostel adalah penginapan yang budget-oriented, akomodasi yang ramah untuk para tamu menyewa tempat tidur di asrama (dorm), di mana satu kamar berisi 6-8 orang, atau bahkan ada yang 20 orang dalam kamar yang besar, dengan share kamar mandi, lounge, dan kadang-kadang dapur.

hostel (3)Kamar bisa dicampur atau satu jenis kelamin, meskipun kadang ada juga tersedia kamar pribadi. Sedangkan hotel adalah penginapan yang disediakan dengan pembayaran jangka pendek, dengan fasilitas yang disediakan berdasarkan harga dasar kamar, penyimpanan untuk pakaian, fitur mewah seperti kamar mandi.

Bahkan hotel yang besar menyediakan fasilitas tambahan seperti kolam renang, pusat bisnis, penitipan anak dan layanan fungsi sosial lainnya seperti spa, gym, dll. Hostel adalah budget-oriented atau istilahnya paket hemat, sedang hotel adalah business-oriented, sehingga untuk fasilitas dan kenyamanan hotel lebih unggul.

Namun bukan berarti tinggal di hostel tidak nyaman. Hostel menjadi pilihan para backpacker, selain murah juga penghematan, bila berjalan sendiri tidak perlu booking satu kamar hotel yang bisa diisi 2 orang, tetapi cukup booking satu tempat tidur saja.

hostel (6)Setiap tamu di hostel akan diberikan 2 kunci yaitu kunci kamar dan kunci loker untuk penyimpanan barang-barang berharga. Tapi awas jangan pernah tinggalkan paspor di kamar hostel maupun hotel.

Namun ada yang perlu diperhatikan, tempat tidur di hostel biasanya tempat tidur tingkat. Jadi bila punya badan besar dan gemuk, pikir-pikir dulu deh. Bisa jadi Anda mendapat tempat tidur di atas, yang sudah tentu susah untuk naik turunnya, karena tempat tidur berdasarkan urutan kedatangan dalam kamar tersebut.

Namun hostel juga mempunyai family room yang bisa diisi 4 atau 5 orang, sehingga bagi keluarga atau teman terasa nyaman dalam satu kamar bersama-sama, tentunya tetap dengan ada satu tempat tidur bertingkat. Ada juga hostel mempunyai kamar yang thematic, seperti tempat tidur seperti di penjara atau di kapal.

Bahkan ada juga tempat tidur seperti kapsul yang tentunya ratenya tidak murah, karena kesan yang tertinggal jadikan sensasi yang beda. Bila berpergian dengan pasangan, baik itu pacar atau suami istri, atau membawa anak batita atau balita, dan dalam jangka waktu yang pendek, maka hotel adalah pilihan yang tepat.

Namun bila bepergian lebih dari 2 hari, bersama keluarga atau teman, atau sendirian, serta berharap low-cost maka hostel bisa menjadi pilihan. Jadi, mau hotel atau hostel? Semua sama enaknya tergantung Anda. (naskah/Elly Maria Silalahi/foto: Annisa Novitasari-pad/editor: Heti Palestina Yunani)