Memadu Kesenangan dan Ketenangan di Bande Alit

bandealit2Bande Alit, sebuah kawasan pantai yang selama ini dikenal angker dengan penampakan manusia kerdil, ternyata menyenangkan. Bukan pantai yang menyeramkan layaknya film-film horor, melainkan pantai cantik alami dan dipagari oleh bukit batu karang. Asyiknya lagi, pantai ini dapat ditempuh dengan mobil adventure sejenis trooper selama 3 jam dari Kota Jember. Selama 90 menit pertama perjalanan ditempuh melalui jalan aspal pedesaan, sisanya adalah jalan makadam. Sungguh, butuh stamina prima untuk dapat melaluinya dengan baik-baik saja. Sedikit saran, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung di pantai yang merupakan bagian dari Taman Nasional Meru Betiri ini.

Ingat, persiapkan bekal sebaik mungkin karena tidak ada penjual apapun di kawasan tersebut. Tetapi jika Anda bermaksud menginap, tersedia penginapan milik dinas Taman Nasional. Ada dua rumah yang masing-masing memiliki 4 kamar. Sewa per kamar Rp 400.000 dengan fasilitas kasur spring bed dan kamar mandi dalam.  Jika ingin lebih dekat dengan alam, Anda dapat menyewa tenda dan hammock, serta kano untuk menjajal keseimbangan di atas danau kecil sebelah pantai dengan harga sewa Rp 20.000 per kano yang bisa dipakai sepuasnya.

Karena akses yang sulit dan tergolong remote area, tak mengherankan jika Pantai Bande Alit tergolong sunyi. Bagi pecinta kesunyian yang sudah jengah dengan keriuhan kota, tempat ini sungguh surga yang bakal menciptakan ketenangan tingkat kahyangan. Bahkan bagi beberapa orang, Bande Alit menjanjikan inspirasi tiada habisnya. Bayangkan pengalaman mengayuh dayung saat menjaga keseimbangan tubuh di atas kano, dikejar ombak pantai selatan yang giras, mendaki batu karang, leyeh-leyeh di atas pasir pantai yang kosong adalah berbagai kenikmatan tiada dua.

bandealit3Di pantai ini, baik sunset maupun sunrise sama indahnya. Pada musim ombak tinggi, akan muncul danau buatan di belakang penginapan, di antara hutan mangrove. Cantik. Pecinta petualangan sejati pasti tak akan melewatkan tempat satu ini. Oh ya, untuk sewa mobil trooper sehari dikenai biaya Rp 800.000, sudah termasuk bensin dan driver. Jika Anda pergi berempat, maka per orang cukup membayar Rp 500.000 untuk kebutuhan menginap, makan, transport, kano, dan tips petugas. Selamat bertualang. (naskah: Wina Bojonegoro, foto: Mamuk Ismuntoro/hpy)