Andalkan Motor Jelajahi 4 Ribu Kilometer

Road Trip Nekat Mengeksplorasi Selatan Indonesia (1)

Print

Inilah perjalanan saya selama 29 hari mengeksplorasi selatan Indonesia pada pertengahan Mei 2015. Tepatnya pada 17 Mei-16 Juni 2015. Memang sudah dua tahun lalu sih. Tapi baru kali ini saya ingin men-share kepada traveler lain.

Destinasi perjalanan hampir selama satu bulan itu saya lakukan ke Bali, Lombok, Sumbawa, dan Flores. Saya mendaki Gunung Rinjani, Tambora, berkunjung ke Wae Rebo, Danau Kelimutu, dan berpesiar untuk melihat komodo di sekitar Labuan Bajo.

Asyiknya, perjalanan itu saya lakukan seorang diri dengan menggunakan motor. Selama itu betapa saya kagum pada gugusan pulau di Indonesia yang mencapai puluhan ribu. Berdasarkan video motion dari Good News From Indonesia, jumlah pulau Indonesia mencapai 13.466, dari yang terbesar hingga yang tak berpenghuni.

Kalau dihitung, waktu yang dibutuhkan untuk mengeksplorasi seluruh pulau tersebut,  jika disinggahi per hari-nya, bisa mencapai 37 tahun. Sangat tidak sebentar untuk mewujudkan impian itu bukan?

1-Motor Untuk Eksplorasi Selatan Indonesia(1)Setelah 7-8 tahun lalu bermimpi bisa mengelilingi Indonesia, saya baru yakin kalau itu tidaklah muluk setelah melihat video motion itu. Cuma saya menegaskan dalam sanubari untuk bisa melihat keindahan Nusantara cukup dari pulau-pulau ‘terkenal’ itu saja.

Maka, itulah kenapa road trip nekat mengeksplorasi selatan Indonesia itu saya lakukan. Setelah 2011 berhasil mengeskplorasi Sumatera dari Sabang hingga Lampung seorang diri, perjalanan hidup saya itu saya lanjutkan dengan mengeksplorasi selatan Indonesia pada 2015.

Taruhannya, per tanggal 13 Mei 2015 saya resmi keluar dari perusahaan manufaktur sebagai supervisor PPIC. Semua demi mewujudkan impian berkeliling Indonesia. Persiapan dilakukan jauh hari sebelum resign, dari mulai menentukan destinasi, mencari informasi akomodasi, hingga mempelajari sejarah daerah yang akan saya kunjungi.

Destinasi yang menjadi tujuan eksplorasi kali ini adalah Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, dan Timor. Berbagai informasi saya dapatkan dan ternyata ada perbedaan signifikan dalam hal transportasi untuk eksplorasi kali ini dibandingkan saat eksplorasi Sumatera.

1-Hanoman BaliSelain terdiri dari gugusan pulau yang bebaris rapi, ternyata kendaraan umum tidak selalu hadir dan mudah untuk mengantar kita menuju setiap destinasi. Transportasi adalah faktor penting jika mempertimbangkan waktu dan budget.

Nalar bawah sadar saya pun akhirnya menghasilkan kenekatan untuk menggunakan motor dalam eksplorasi kali ini. Hasrat ternyata telah mengalahkan logika. Jujur saja saya ini bukan bikers yang sering bermotor dan touring jauh, membongkar karburator tak tahu bagaimana caranya.

Padahal logikanya, dalam menempuh perjalanan lebih dari 4000 km setidaknya saya harus bisa membetulkan kerusakan minor pada motor. Demi bisa sampai destinasi dan tidak banyak membuang waktu mengandalkan transportasi umum, maka motor Kawasaki KLX tahun 2011 saya andalkan. Benar saja ucapan John Wayne, “courage is being scared to death but saddling up anyway.” (naskah dan foto: Geraldine Fakhmi Akbar/editor: Heti Palestina Yunani/bersambung)